Sandiaga Uno Ajak Pelaku Usaha Kembangkan Ekonomi Kreatif untuk Buka Lapangan Kerja

SUBANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenparEkraf) Sandiaga Uno mengajak kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan dan berkarya. Sehingga menciptakan lapangan kerja.

Menurutnya,  keberadaan para pelaku usaha di Indonesia harus terus di dorong dan didukung oleh pemerintah. Hal ini dilakukan agar dapat mendorong kebangkitan ekonommi dan menciptakan lapangan pekerjaan lebih luas.

”Ekonomi kreatif di Kabupaten/Kota di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Subang memiliki potensi besar dan harus dikembangkan,” kata Sandiaga ketika melakukan kunjungan kerja ke Subang, belum lama ini.

Menurutnya, sektor ekonomi kreatif ini banyak melibatkan para generasi muda. Mulai dari sub sektor Film, Animasi dan Video, Fesyen, Fotografi, Kriya, dan Kuliner.

Potensi ekonomi kreatif memiiki peluang untuk dikembangkan dengan memberikan ruang untuk kreativitas dan inovasi. Dengan begitu, generasi muda yang menggeluti usaha memiliki wadah untuk berkembang.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno juga hadir sebagai pembicara dalam  workshop peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia  yang diselenggarakan di Kabupaten Subang.

Kegiatan tersebut menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif  yang berada di Kabupaten Subang dengan jumlah peserta sebanyak 200 pelaku usaha.

Dalam paparannya, Sandiaga Uno mengatakan, dorongan pemerintah kepada pelaku ekonomi kreatif akan diwujudkan dengan membangun wadah sebagai tempat berkumpulnya para pelaku usaha.

Para pelaku ekonomi kreatif  dapat mengeksplorasi serta mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual.

”Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem pelaku usaha secara lebih komprehensif di Kabupaten Subang,” ujar Sandiaga. yang saat itu hadir dalam rangkaian kegiatan Penilai Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Pihaknya menginginkan subsektor ekraf unggulan dapat terpetakan agar lebih fokus dan terarah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno serta turut hadir mendampingi Bupati Subang Ruhimat.

Tidak hanya itu Eddy Sukmana yang merupakan pelaku usaha yang telah sukses di bidangnya juga berbagi ilmu dengan memberikan materi mengenai pembelajaran terkait product development

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan