Doa Saat Malam LAILATUL QADAR, Malam Istimewa Mustajabnya Doa

JABAREKSPRES – Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa, dimana doa yang kita panjatkan saat itu, tidak akan tertolak. Namun ada satu doa yang diyakini menjadi doa malam Lailatul Qadar yang banyak dipanjatkan orang.

Doa Lailatur Qadar ini bukan merupakan doa khusus namun banyak dianjurkan untuk dibaca saat seseorang merasa yakin jika malam tersebut adalah malam lailatul Qadar.

Karena sesungguhnya tidak ada yang mengetahui kapan malam lailatul Qadar itu terjadi.

Namun ada petunjuk bahwa Lailatul Qadar akan hadir di 10 hari terakhir Ramadhan, terutama dimalam-malam tanggal ganjil, yakni 21, 23, 25, dan 27.

Sementara tanggal 29 bisa terjadi lailatu Qadar bila 1 Syawal jatuh setelah Ramadhan ke 30, namun bila 1 Syawalnya jatuh di tanggal 30 maka Lalilatur Qadar tidak terjadi di 29 Malam, karena sudah masuk ke malam lebaran.

Lalu seperti apa Doa lailatul Qadar menurut Dewan pembina Konsultasi syariah Ammi Nur Baits, seperti dilansir dari laman konsultasisyariah.com.

Dari riwayat Aisyah RadhiAllahu Anhu, Ada doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika malam lailatul qadar, yakni:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku.

Hadis selengkapnya:

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي “

Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Beliau menjawab: Ucapkanlah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN…

(HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850, An-Nasai dalam Amal Al-yaum wa lailah, dan Al-Baihaqi dalam Syua’bul Iman 3426. Hadis ini dinilai shahih oleh Al-Albani).

Selain itu juga ada doa lain yang juga dianjurkan, yakni :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYAH

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan terbebas dari masalah

Dalilnya:

Dari Abdullah bin Buraidah, bahwa Aisyah radhiallahu ‘anha, pernah mengatakan :

لَوْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ كَانَ أَكْثَرُ دُعَائِي فِيهَا أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

“Jika saya tahu bahwa suatu malam itu adalah lailatul qadar, tentu doa yang paling banyak kuucapkan di malam itu, aku meminta kepada Allah ampunan dan terbebas dari masalah.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf 29189. Al-Albani menilai riwayat ini shahih, dan  beliau berkomentar, “Nampaknya, Aisyah mengatakan demikian karena pendapat pribadinya.” Simak Silsilah as–Shahihah, 7:1011).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan