Kenali 6 Waktu Mustajab Berdoa, Salah Satunya Bulan Ramadhan

JABAREKSPRES – Ada beberapa waktu yang dikenal sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Salah satunya adalah berdoa di bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci atau bulan Harom seperti sekarang ini.

Beberapa waktu mustajab  untuk berdoa ini ada yang hanya hadir sekali dalam setahun, namun ada juga yang hadir setiap hari di momen-momen tertentu.

Untuk kamu yang memiliki hajat dan sangat ingin Allah mengabukan hajatmu, maka simak baik-baik artikel ini.

Atau bila kamu merasa sedang banyak kesulitan dan sedang diuji sedemikian berat, maka mintalah pertolongan saat berdoa kepada Allah, diwaktu terbaik terkabulnya Doa, yakni waktu yang mustajab untuk berdoa.

Berikut beberapa waktu mustajab tersebut, dilansir dari berbagai sumber;

1. waktu sahur, waktu menjelang subuh, karena ketika itu Allah turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa

“Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)
(Bukhari 1145 dan muslim 758)

2. Waktu hari Jumat, bisa saat duduk imam diantara dia khutbah juga ba’da ashar sampai tenggelam matahari, merupakan waktu mustajab berikutnya untuk berdoa.

(Abu Musa), ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

هِىَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

“Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jum’at.”

(HR Bukhari no 935 Muslim 852)

Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Adzkar berkata,

ويستحب الإكثار من الدعاء في جميع يوم الجمعة من طلوع الفجر إلى غروب الشمس رجاء مصادفة ساعة الإجابة ، فقد اختلف فيها على أقوال كثيرة ، فقيل : هي بعد طلوع الفجر وقبل طلوع الشمس ، وقيل : بعد طلوع الشمس وقيل : بعد الزوال ، وقيل : بعد العصر ، وقيل غير ذلك.

“Memperbanyak doa sangat dianjurkan pada sepanjang waktu dari hari Jumat, mulai dari terbit fajar Shubuh hingga tenggelam matahari pada hari Jumat. Ini agar mendapatkan waktu dikabulkannya doa. Para ulama telah berbeda pendapat mengenai waktu terkabulnya doa pada hari Jumat. Ada pendapat yang menyatakan bahwa waktunya adalah antara terbit fajar Shubuh pada hari Jumat hingga terbitnya matahari. Pendapat kedua menyatakan bahwa waktunya adalah setelah terbit matahari. Ada juga yang menyatakan waktu tersebut adalah setelah zawal, matahari tergelincir ke barat. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa waktu tersebut adalah setelah Ashar. Ada pula pendapat lainnya.”

 

3. Bulan Ramadhan yang bernuh berkah (QS AL Baqoroh 186)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan