Selama Arus Mudik, Polisi Bakal Terus Perhatikan Titik Rawan Macet

JABAR EKSPRES –Sejumlah titik krusial rawan kemacetan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB)  mendapat perhatian khusus pihak kepolisian. Terlebih saat momen arus mudik lebaran.

Salah satu perhatian yang dilakukan adalah pemetaan untuk menentukan cara bertindak (cb) yang harus dilakukan ketika terjadi kemacetan parah.

Apalagi, selama arus mudik lebaran dan saat masa kunjungan wisata, kendaraan yang melintas ke KBB diprediksi bakal meningkat.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono menyebutkan, salah satunya beberapa titik krusial kemacetan di wilayah KBB yakni di pertigaan Padalarang karena di titik itu menjadi lokasi pertemuan kendaraan dari berbagai daerah.

”Titik krusial (macet) di pertigaan Padalarang karena di sana jalur arterinya pertemuan kendaraan dari Cianjur dan Purwakara,” katanya, Senin (9/4).

Oleh karena itu, pihaknya bakal membangun Pos Pelayanan (Posyan) dan mempertebal jumlah personel yang akan mengatur arus lalu lintas jika terjadi kemacetan.

Selain itu, lanjut Aldi, pihaknya juga bakal membangun Pos Pengamanan (Pospam) di sejumlah titik kemacetan yang ada di KBB dan Kota Cimahi selama momen arus mudik dan arus balik lebaran.

”Kami sampaikan untuk Polres Cimahi rencananya akan mendirikan 9 pos yang terdiri dari 7 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan,” terangnya.

Menurutnya, selain memetakan titik krusial, pihaknya juga telah melakukan pengecekan kondisi jalur mudik di KBB dan Kota Cimahi.

”Pengecekan dilakukan agar jika ada kerusakan dan kekurangan infrastruktur pendukung bisa langsung ditembuskan ke pemerintah daerah untuk diperbaiki,” ujarnya.

Untuk jalur mudik di KBB dan Cimahi, kata Aldi, secara umum sudah dalam kondisi baik, tetapi pihaknya akan terus mengecek dan berkoordinasi dengan pemkot dan pemkab jika ada jalan berlubang dan penerangan yang masih minim.

”Ini akan kami prioritaskan untuk segera diselesaikan, sehingga masyarakat yang mudik bisa merasa aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan