Dukung Kemajuan Pondok Pesantren, Kini Ponpes Didorong untuk Lakukan Hal ini

JABAR EKSPRES –  Pondok Pesantren (Ponpes) kini sudah mulai bisa mandiri khususnya dalam meningkatkan perekonomian.

Sudah banyak kini pesantren-pesantren yang mulai menunjukan kemandiriannya dengan berbagai hal agar tingkatan ekonominya semakin maju.

Tak terkecuali Ponpes Sa’adatuddarain yang berada di Solokan Jeruk, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Pesantren ini mulai meningkatkan kemandirian ekonominya seperti peternakan ikan, hidroponik, dan pabrik tekstil.

Cucun Ahmad Syamsurijal Anggota DPR RI Fraksi PKB melihat jika saat ini fenomena tersebut sangat baik untuk meningkatkan potensi yang dimiliki dari pesantren.

Terlebih menurutnya masyarakat Indonesia didominasi oleh mayoritas muslim sehingga bisa menjadi market untuk menawarkan ekonomi syariah.

“Kalau kita melihat fenomena bahwa masyarakat indonesia itu mayoritas masyarakat muslim. Itu menjadi market semua orang bahwa ketika menawarkan ekonomi syariah atau praktek tentang lembaga keuangan syariah. Di sini pesantren punya potensi yang luar biasa,” ujar Cucun saat ditemui beberapa waktu lalu di Pondok Pesantren Sa’adatuddarain, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.

Cucun menjelaskan untuk mencapai kemandirian pesantren sendiri, menurutnya saat ini sudah banyak supporting dan salah satunya Bank Indonesia melalui berbagai kegiatan.

“Melalui kegiatan bersama insan BI ini, prestasi banyak. Sehingga para kyai dan para ustad itu sudah bagaimana melek sekarang. Bagaimana keuangan non tunai, bergeser ke digital diperkenalkan dalam semua rangkaian,” ucapnya

Selain itu kata Cucun saat ini sudah banyak ponpes yang mulai maju dengan kemandirian ekonominya yang dimulai dengan permodalan ekonomi agar ponpes itu bisa mandiri seperti ponpes yang ada di Kabupaten Bandung.

“Permodalan ekonomi pesantren itu sudah terlihat, seperti yang sudah berhasil di kabupaten kita, ada Al Ittifaq, di kami ada Miftahul Malah. Sudah bisa mampu membuat satu proses pembuatan air kemasan. melalui pembuatan air kemasan,” katanya

Adapun kata Cucun demi untuk mengembankan kemandirian ekonominya pihaknya akan terus mensupport dan membantu ponpes ini baik dalam hal perizinan dan hal lainnya.

“Biar tetap survive menjaga inflasi supaya tetap terkendali. Nanti kita akan dorong semua perizinan satu atap segala macamnya akan kami bantu tentunya akan kita terus dampingi dan mengadvokasi ini,” tutupnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan