10 Uang Kuno Indonesia yang Banyak Dicari Kolektor, Bisa Ditawar dengan Harga Termahal

JABAR EKSPRES – Ada beberapa jenis uang kuno Indonesia termahal yang paling dicari kolektor karena mempuyai harga yang fantastis bila dijual.

Jika kamu memiliki salah satu atau bahkan semua uang kuno indonesia yang paling dicari kolektor, maka kemungkinan untuk menjadi kaya semakin besar.

Beberapa kolektor rela merogoh kocek dalam untuk membeli uang kuno yang langka dan bernilai historis yang tinggi.

Sebelum menawarkannya pada kolektor, kamu wajib mengetahui apa saja uang kuno Indonesia yang paling banyak dicari untuk koleksi orang-orang kaya.

Mungkin diantara kamu banyak yang sudah memiliki jenis uang ini yang mana sempat heboh beberapa waktu yang lalu uang koin Rp1000 kelapa sawit dijual dengan harga ratusan juta.

Padahal koin Rp1000 kelapa sawit masih memiliki nilai yang sama hingga sekarang. Kamu perlu mengetahui yang mana uang kuno bernilai tinggi dan yang mana uang yang belum dianggap kuno agar tak terkecoh.

BACA JUGA : 4 Cara Jual Uang Koin 1000 Kelapa Sawit Seharga Ratusan Juta, Auto Tajir

Uang Kuno Indonesia yang Banyak Dicari Kolektor

Berikut adalah 10 uang kuno Indonesia termahal yang banyak dicari kolektor dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Uang Koin Rp25 (1991)

Uang Kuno Indonesia yang Banyak Dicari Kolektor

Uang koin senilai 25 Rupiah yang pernah dicetak pada tahun 1991 telah dihapus dari peredaran berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 12/14/PBI/2020 tentang Pencabutan dan Penarikan Uang Logam. Meskipun demikian, koin Rp25 edisi tahun 1991 tetap banyak dijual di platform e-commerce dengan kisaran harga mulai dari beberapa ratus ribu hingga puluhan juta Rupiah.

  1. Uang koin Rp100 (1973)

Uang Kuno Indonesia yang Banyak Dicari Kolektor

Uang koin kuno dari Indonesia yang banyak dicari kolektor selanjutnya adalah pecahan Rp100 yang dicetak pada tahun 1973. Berdasarkan informasi di situs jual beli online Tokopedia, koin asli dari tahun tersebut dengan nominal Rp100 dijual dengan harga yang bisa mencapai Rp 10.000.000. Harga yang fantastis ini cukup menjadi alasan mengapa banyak orang yang tertarik mencari dan menjual koin kuno sebagai koleksi.

  1. Uang Koin Rp100 (1978)

Uang Kuno termahal

Kemudian, koin kuno termahal lainnya di Indonesia pernah beredar pada tahun 1978 dengan nilai nominal Rp100, meskipun tidak jelas nilai nominalnya per keping. Namun, uang logam dengan gambar rumah gadang dan wayang tersebut dihargai dengan cukup tinggi untuk setiap kepingnya. Di situs marketplace, Uang koin jenis ini ada yang menjual dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan