Deretan Negara Yang Pernah Dibanned FIFA, Indonesia Bakal Dibanned Lagi?

JABAR EKSPRES – Sepakbola Indonesia sebelumnya pernah dibanned oleh FIFA selama dua tahun pada 2015 hingga 2016 karena intervensi pemerintah dalam tubuh PSSI.

Seperti tidak belajar dari pengalaman, lagi-lagi Indonesia mengecewakan FIFA. Kali karena Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 gagal terlaksana karena dua pemerintah daerah di Indonesia menolak Israel datang. Padahal mereka sebelumnya telah menandatangani surat pernyataan dari FIFA.

Lalu, banyaknya penolakan dari berbagai ormas dan partai politik sehingga FIFA melayangkan surat resmi pembatalan Piala Dunia U-20 tersebut.

BACA JUGA: Tentara Israel Menembakan Gas Air Mata ke Stadion Saat Laga Piala Liga Palestina, FIFA Standar Ganda?

Dengan batal event tersebut, Indonesia mengalami banyak kerugian, baik secara materil dan moril. Kemungkinan terburuk, sepakbola Indonesia bakal dibanned lagi oleh FIFA untuk yang kedua kalinya.

Selain Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang pernah dibanned oleh FIFA. Berikut daftarnya.

  1. Brunei Darussalam

Sepakbola negara tetangga kita ini ternyata pernah FIFA banned karena intervensi pemerintah ke dalam sepakbola Brunei Darussalam. FIFA menjatuhkan hukuman kepada negara tersebut pada tahun 2009 dan berakhir pada tahun 2011.

Saat ini, Brunei Darussalam menduduki peringkat 190 dunia dengan 898,02 poin. Progres positif ditunjukkan oleh sepakbola di negeri yang dikuasai Sultan Hassanal Bolkiah.

Di tangan Coach Paul Munster (mantan pelatih Bhayangkara FC), akhirnya Brunei Darussalam sukses tampil di AFF Cup 2022 setelah terakhir kali tampil pada 1996.

BACA JUGA: Piala Dunia U-20: Persiapan Tak Main-Main, Hasil Akhirnya Main-Main

  1. Kuwait

Sepakbola salah satu negara Timur Tengah ini ternyata pernah dibanned FIFA karena intervensi pemerintahnya. FIFA resmi menghukum Kuwait selama dua tahun tanpa sepakbola, yakni tahun 2015 hingga 2017.

Sepakbola Kuwait termasuk yang tidak begitu kuat di kawasan Timur Tengah. Hal ini terbukti dengan peringkat FIFA mereka yang berada di peringkat 148 dunia dengan 1056,64.

Namun, progres sepakbola di negara ini menunjukkan hal yang positif. Terbukti, di dua laga FIFA Match Day Maret lalu, mereka berhasil menekuk Tajikistan (108) dengan skor 2-1 dan Filipina (134) dengan skor 2-0.

  1. India

Sepakbola India ternyata pernah dibanned oleh FIFA karena adanya pihak ketiga yang ikut campur di tubuh federasi India. Pihak ketiga yang dimaksud adalah pemerintahan India itu sendiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan