Deretan Negara Yang Pernah Dibanned FIFA, Indonesia Bakal Dibanned Lagi?

FIFA membekukan sepakbola India pada 15 Agustus 2022 dan mencabut hukuman tersebut pada 26 Agustus 2022. Hal ini dilakukan setelah pemerintah India menjamin keamanan federasi sepakbola India.

BACA JUGA: Perjalanan Indonesia Dari Terpilih Hingga Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Dicabut

  1. Russia

FIFA membekukan sepakbola negara terbesar di dunia ini karena melakukan penyerangan ke Ukraina pada Februari 2022. Hingga kini belum ada kedamaian yang terjadi antara Russia dengan Ukraina.

Dengan banyaknya penolakan dari negara Eropa yang menolak bermain dengan Russia dan usulan dari UEFA agar membekukan sepakbola Russia, menjadi sebab utama FIFA membekukan sepakbola negara beruang merah tersebut.

Meski dibekukan oleh FIFA, Liga Russia masih tetap berjalan walaupun yang menjadi juara tidak dapat tampil di kancah Eropa. Selain itu, Russia juga tetap melaksanakan FIFA Match Day melawan Irak (68) dan Iran (24).

Berapa lama FIFA bakal membanned sepakbola Russia masih belum jelas. Tergantung bagaimana situasi politik di negara tersebut.

BACA JUGA: Dampak Yang Ditimbulkan Jika Indonesia Gagal Menyelenggarakan Piala Dunia U-20

Demikianlah negara yang pernah dibanned oleh FIFA. Mari kita berdoa agar sepakbola Indonesia tidak mendapatkan sanksi dari FIFA.

Andai terkena sanksi dari FIFA, maka Indonesia menjadi negara pertama yang dua kali dibanned oleh FIFA. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan