Kelebihan Sedekah di Bulan Ramadhan Dibanding Bulan lain

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan disebut sebagai bulan suci umat islam, karena bulan ini memiliki banyak keistimewaan. Terutama apabila kita melakukan amal kebaikan, maka Allah akan lipat gandakan pahala kita.

Salah satu amalan yang banyak dipilih umat islam dilakukan saat bulan Ramadhan adalah bersedekah. Karena pahala sedekah tidak hanya Allah berikan saat nanti di akhirat, namun juga saat manusia masih didunia.

Sedekah juga memiliki banyak keutamaan, bukan hanya bagi yang mengeluarkan sedekan, tapi juga yang mengajak bersedekah bahkan bagi orang yang disedekahi.

Bagi yang mengeluarkan sedekah, ada beberapa keutamaan yang bisa didapat, diantaranya:

1. Akan dapat Pahala berlimpah karena dilipatgandakan oleh Allah

Kelebihan bersedekah dibulan Ramadhan adalah, akan mendapat pahala yang lebih banyak dibanding bulan lain,

Karena pahala bagi orang yang bersedekah dibulan Ramadhan akan berlipat ganda. bukan hanya pahala untuk sedekah, namun semua amalan dan ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Seperti dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari- Muslim.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim)

2. Menghapus Dosa yang pernah dilakukan.

Selain mendapat pahala yang berlimpah, sedekah ternyata juga bisa menghapus dosa bagi yang melakukannya.

Hal ini pernah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dimana Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, dosa-dosa yang telah dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT.

3. Menyambung Tali Silaturahmi

Keutamaan ketiga dari bersedekah adalah dapat menjadi sarana untuk menyambung tali silaturahmi baik yang pernah terputus atau yang mulai renggang.

Hal ini diperkuat oleh sebuah hadisr riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat memadamkan api permusuhan di antara manusia.” Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, hubungan silaturahmi antara manusia dapat terjalin dengan lebih baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan