Masjid-Masjid Ini Memiliki Kapasitas Jamaah Terbesar Di Dunia, Ada Indonesia Coy!

JABAR EKSPRES – Masjid merupakan tempat peribadatan bagi ummat Islam. Sama seperti tempat ibadah ummat lainnya, masjid merupakan tempat suci bagi ummat Islam.

Selain untuk beribadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat belajar, kajian, diskusi, bahkan tempat berbuka bersama saat bulan Ramadhan.

Sekian banyaknya masjid di dunia ini, ada banyak masjid yang memiliki arsitektur unik, keindahan yang menarik, hingga sejarah pembangunan masjidnya tersebut.

Salah satu hal yang menarik dari masjid adalah jumlah jamaah yang dapat masuk ke dalamnya, mulai dari ribuan hingga jutaan orang.

Berikut masjid-masjid yang memiliki kapasitas jamaah terbesar di dunia, salah satunya ada dari Indonesia.

Baca juga: Inilah Lokasi Takjil Gratis Di Bandung Timur, Udah Tahu Belum?

  1. Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan salah satu masjid yang ummat muslim agungkan bersama Masjid Nabawi. Masjid ini berada di Kota Makkah, Arab Saudi dengan luas sekitar 40 hektar. Dengan luas sebesar ini, masjid ini dapat menampung jamaah sebanyak 4 juta jamaah.

Saat berhaji atau pun umrah, ummat Islam pasti selalu mengunjungi masjid ini karena merupakan salah satu syarat sah dari haji dan umrah tersebut.

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah, Arab Saudi dengan luas sekitar 40 hektar dan dapat menampung sekitar 1 juta jamaah. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang diagungkan oleh ummat Islam bersama Masjidil Haram.

Diyakini bahwa Masjid Nabawi merupakan rumah Rasulullah SAW. Setelah beliau hijrah ke Madinah pada 622 M.

  1. Masjid Al Abbas

Masjid Al Abbas merupakan masjid yang terletak di Kota Karbala, Irak. Masjid ini memiliki luas sekitar 6.118 hektar dan dapat menampung sekitar 1 juta jamaah.

Tahukah kamu, masjid ini merupakan salah satu masjid untuk ummat Islam Syi’ah.

  1. Masjid Jamkaran

Masjid Jamkaran merupakan masjid ummat Islam Syi’ah yang berada di Kota Qom, Iran. Masjid ini memiliki luas sekitar 30,55 hektar dan dapat menampung jamaah hingga 800 ribu jamaah.

Menurut Mirza Husain Nuri (Muhaddits Syi’ah abad ke-14), masjid ini dihubungkan dengan Imam Zaman AS. (Imam ke-12 para pengikut syi’ah) karena mereka percaya bahwa Imam Zaman AS. lah yang memerintahkan pembangunan Masjid Jamkaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan