Masjid-Masjid Ini Memiliki Kapasitas Jamaah Terbesar Di Dunia, Ada Indonesia Coy!

Baca juga: Rasulullah SAW. Saat Adzan Maghrib, Shalat Dulu Atau Buka Puasa Dulu?

  1. Masjid Imam Ali

Masjid Imam Ali merupakan masjid ummat Islam Syi’ah lainnya yang berada di Kota Najaf, Irak. Masjid ini memiliki luas sekitar 30,05 hektar dan dapat menampung jamaah sekitar 800 ribu jamaah.

Selain fungsinya sebagai tempat ibadah, Masjid Imam Ali juga berfungsi sebagai tempat ziarah bagi ummat Islam Syi’ah karena di masjid ini terdapat makan Ali binabi Thalin (Imam pertama dalam Syi’ah).

  1. Masjid Shah

Masjid Shah merupakan masjid yang berkapasitas 700 ribu jamaah dengan luas 40,05 hektar. Kota Isfahan, Iran ini merupakan tempat letaknya Masjid Shah ini.

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Imam (setelah revolusi islami tahun 1979 di Iran) dan Masjid Jameh Abbasi.

  1. Masjid Sheikh Lotfollah

Masjid Sheikh Lotfollah terletak di Kota Isfahan, Iran yang memiliki luas 20,05 hektar dan dapat menampung 500 ribu jamaah.

Shah Abbas membangun masjid ini sebagai bentuk dedikasi terhadap mertuanya, yaitu Sheikh Lotfollah. Dia merupakan ilmuwan dan guru agama terkemuka pada masanya yang datang dan tinggal di Isfahan, Iran.

  1. Masjid Bara Imambara

Masjid Bara Imambara merupakan masjid yang terletak di Kota Lucknow, India. Masjid ini memiliki luas sekitar 35 hektar dan dapat menampung jamaah hingga 350 ribu jamaah.

Pada tahun 1784, masjid ini dibangun dengan fungsi sebagai acara seremonial keagamaan bagi ummat Islam Syi’ah setiap tahunnya.

Baca juga: Efek Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Emang Ada?

  1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara yang memiliki luas sekitar 9,32 hektar. Masjid ini dapat menampung jamaah hingga 200 ribu jamaah.

Tujuan masjid ini dibangun adalah untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dan merupakan masjid nasional. Masjid ini diresmikan pada 22 Februari 1978.

  1. Taj-ul Masajid

Taj-ul Masajid merupakan masjid yang terletak di Kota Bhopai, India. Masjid ini memiliki luas sekitar 9 hektar dan dapat menampung jamaah hingga 175 ribu jamaah.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Shah Jehan Begum yang merupakan penguasa wanita di Bhopal selama dua periode, yaitu tahun 1844-1860 dan 1868-1901.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan