Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

JABAR EKSPRES – Selayaknya tamu datang ke rumah atau kediaman kita, tentunya kita bakal sibuk menyiapkan jamuan terbaik yang bisa kita jamukan. Seperti itu pula kita menyambut datangnya Bulan Ramadhan.

Ketika bulan penuh berkah itu datang dengan seabrek kebaikan dan keistimewaannya, sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar mendapatkan semua keberkahan dan keutamaan yang dimilikinya.

Baca juga: Tips Agar Keuangan Aman Saat Ramadhan

Maka, hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam menyambut Bulan Ramadhan tersebut? Berikut beberapa hal yang bisa kita persiapkan:

  1. Berdo’a kepada Allah SWT. agar Umur Kita Disampaikan ke Bulan Ramadhan

Umur memang tidak ada yang tahu. Allah SWT. pun telah menuliskan berbagai takdir kita di Lauhul Mahfuz. Tapi, segala sesuatu di atas dunia ini bisa berubah. Ketika Allah katakana “Kun, Fayakun”, jadi, maka jadilah.

  1. Membersihkan Hati

Membersihkan hati sebelum Ramadhan adalah dengan beristighfar dan memperbanyak zikir, serta bertobat atas semua kesalahan yang telah dilakukan. Allah itu Maha Pengampun, lagi Maha Pemaaf. Ketika hamba-Nya bertobat, maka tobatnya pasti bakal diterima oleh Allah SWT.

Baca juga: Tips Melunasi Utang Dan Cicilan Yang Menumpuk

  1. Menyusun Jadwal Ibadah di Bulan Ramdhan

Semua kegiatan yang bakal dilakukan di Bulan Ramadhan sebaiknya memiliki jadwal atau planning agar lebih tertata. Jadwal atau planning dibuat pasti karena adanya niat. Ketika jadwal dibuat, maka sebaiknya dilaksanakan dengan komitmen dan konsisten. Harapannya agar bulan puasa kali ini lebih baik dari bulan puasa di tahun kemarin.

  1. Bersuka Cita Menyambut Ramadhan

Seperti menyambut tamu yang spesial, Ramadhan pun harus disambut dengan kegembiaraan dan penuh suka cita. Hal ini dilakukan agar kita lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya selama Bulan Ramadhan.

  1. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Hal ini sangat penting karena fisik dan mental bakal mempengaruhi imun tubuh dalam menjalankan puasa. Jika kamu merasa kurang dengan kesehatan fisik dan mental, sebaiknya kamu bisa mengubah sedikit pola hidup menjadi lebih sehat, seperti berolahraga, tidur lebih cepat, dan perbanyak minum air putih agar kondisi fisik bisa kembali prima.

Writer: Muhammad Al Hafizh Putra Reza

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan