Amalan-Amalan Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Masa Tua

JABAR EKSPRES – Umur manusia tidak ada yang tahu. Allah SWT. bisa saja mencabutnya ketika di usia muda atau pun tua.

Bersyukurlah kita andai masih diberikan umur panjang, bahkan sampai hari tua nanti. Andai Allah SWT. memberikan umur yang panjang bagi kita, maka kita harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk beribadah kepada-Nya.

Baca juga: Tips Agar Keuangan Aman Saat Ramadhan

Ustadz Abu Minhal, LC. pernah menuliskan amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah memasuki masa tua di dalam majalah As-Sunnah Edisi 11 tahun 2016 lalu. Berikut amalan-amalan di masa tua yang sebaiknya dilakukan menurut beliau.

  1. Lebih memperhatikan amalan-amalan wajib.

Sebab, ibadah yang bersifat wajib(fadhu) merupakan kewajiban bagi setiap individu muslim dan muslimah yang wajib dilakukan hingga ajal menjemput. Selain itu, amalan wajib merupakan amalan yang paling disenangi oleh Allah SWT.

  1. Menghindari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT.

Allah SWT di dalam Al-Qur’an banyak mengingatkan kita tentang berbagai larangan dan hal yang Allah benci. Segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT. pasti merupakan hal buruk yang sebaiknya kita hindari.

  1. Menambah amalan-amalan sunnah

Rasulullah SAW. banyak menjelaskan di dalam haditsnya, baik itu lisan, perbuatan, atau pun ketetapan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Salah satu hal paling mudah untuk dilakukan di masa tua adalah puasa senin kamis atau shalat sunnah qabliyah dan ba’diyah, serta amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan.

  1. Perbanyak zikir, istighfar, dan taubat

Sebenarnya hal ini harus dilakukan oleh setiap manusia. Tetapi, mengapa orang tua yang lebih ditekankan untuk melakukan ini? Karena merekalah yang bakal kembali kepada-Nya terlebih dahulu sesuai dengan kalkulator manusia. Tapi, ketika memakai kalkulator Allah, maka siapa saja bisa saja pergi terlebih dahulu.

  1. Bersedekah

Kata-kata “harta ga dibawa mati” pasti sangat familiar di telinga kita. Tetapi, kata-kata itu memang benar. Uang tidak bakal berguna di alam kubur nanti. Sekaya atau semiskin apapun orang di dunia, meninggalnya pasti menggunakan kain kafan. Bersedekah tidak membuatmu miski, tetapi membuat kamu bahagia di dunia dan kaya di akhirat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan