Macam-Macam Generasi Di Indonesia, Kamu Di Bagian Mana?

JABAR EKSPRES – Indonesia ternyata memiliki banyak generasi yang hidup saat ini. Mulai itu dari silent generation hingga saat ini telah hadir lagi generasi yang bernama generasi alpha.

Dr. Alexis Abramson, seseorang yang dikenal sebagai “generational cohorts” atau “pengelompokan generasi” dalam laman BCC telah mengungkapkan bagaimana pembagian generasi berdasarkan masa lahir. Sebab, masa lahir bakal mempengaruhi perilaku, persepsi, kebiasaan dan nilai seseorang.

Baca juga: Amalan-Amalan Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Masa Tua

Beda generasi, berbeda pula cara penanganannya. Hal inilah yang membuat komunikasi antar generasi bisa berjalan dengan baik. Berikut macam-macam generasi yang ada di Indonesia.

  1. Silent Generation

Generasi ini lahir sebelum tahun 1945. Generasi diam ini lahir ketika kekacauan dunia terjadi sehingga mereka hidup dalam kekurangan. Oleh karena itu, generasi ini memiliki mental yang kuat dan semangat juang yang tinggi.

Jumlah generasi diam di Indonesia sebanyak 5,03 juta jiwa atau 1,87% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2020. Berikut ciri khas karakter silent generation:

  • Jiwa tanggung jawab dan kepemimpinan yang tinggi.
  • Sifat patriotisme yang kuat dan taat hukum serta kewajiban.
  • Sangat selektif dalam menggunakan uang.
  • Kurang berani berpendapat karena dahulu kebebasan berpendapat dibatasi.
  • Punya banyak pengalaman karena melalui berbagai zaman.
  1. Baby Boomers

Generasi ini lahir pada tahun 1946 hingga 1964. Nama baby boomers diambil dari peristiwa kenaikan angka kelahiran yang drastis setelah Perang Dunia II. Baby boomers tumbuh dimana lapangan pekerjaan yang minim dan zaman yang masih belum modern sehingga mereka memiliki jiwa kompetitif yang kuat.

Di Indonesia, jumlah baby boomers sendiri sebanyak 31,01 juta jiwa atau 11,56% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2020. Berikut ciri khas dari baby boomers:

  • Jiwa komitmen, mandiri, kompetitif dan karakter yang matang karena sudah ditempa oleh keadaan yang sulit.
  • Cenderung kolot dan mempertahankan adat istiadat.
  • Workaholic, pekerja keras dan pantang menyerah.
  • Tidak suka menerima kritikan.
  • Setia dan saying terhadap keluarga.

Baca juga: Tips Agar Keuangan Aman Saat Ramadhan

  1. X Generation 

Generasi X lahir pada tahun 1965 hingga 1980. Generasi ini lahir ketika teknologi sedang berkembang dengan pesatnya, tapi mereka belum familiar dengan dunia digital dan non digital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan