1444 H Sama Dengan Tahun Berapa? Simak Konversi Penanggalan Hijriyah ke Masehi Jelang Ramadhan 2023

JABAR EKSPRES – 1444 H sama dengan tahun berapa? Pertanyaan ini muncul menjelang bulan suci Ramadhan 2023.

Seperti diketahui bahwa agama Islam memiliki perhitungan tanggal atau kalender Hijriyah yang kerap disingkat H dalam penulisannya, termasuk 1444 H seiring bulan suci Ramadhan 2023.

Tak sedikit orang yang masih bingung dan belum mengetahui, 1444 h sama dengan tahun berapa? Pertanyaan itu dinilai sederhana menjelang bulan suci Ramadhan 2023, akan tetapi bagi umat Muslim adalah hal yang penting.

BACA JUGA: 6 Tips Persiapan Hadapi Ramadhan 2023, Agar Siap Jalani Ibadah Puasa Sebulan Penuh

Pasalnya, di dalam agama Islam pelaksanaan ibadah juga berdasarkan perhitungan kalender Hijriyah, termasuk pada tahun 1444 H seiring bulan suci Ramadhan 2023.

Lalu, 1444 h sama dengan tahun berapa?

Dikutip JabarEkspres.com dari IslamFinder.org pada Kamis, 16 Maret 2023, tahun 1444 H bertepoatan dengan tahun 2023 masehi.

Sebagai informasi, Islam Finder merupakan website yang dapat mengonversi tahun Hijriyah ke tahun Masehi, begitu sebaliknya.

BACA JUGA: 123 Titik Lokasi Pemantauan Hilal 1 Ramadhan 1444 H di Indonesia

Sehingga, ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 1444 H akan segera dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

Mengetahui konversi tahun 1444 H tersebut dapat membantu umat Islam di indonesia maupun di seluruh negara dalam menjalankan ibadah pusa Ramadhan yang bertepatan pada tahun 2023.

Meskipun hingga saat ini pengamatan hilal dan Sidang Isbat belum digelar oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama atau Kemenag.

Pasalnya, pengamatan hilal untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan juga harus dilakukan sesuai dengan penanggalan kalender Hijriyah.

Meskipun pada saat pelaksanaa nantinya akan ada perbedaan yang akan terlihat pada tanggah Masehi yang terjadi antara satu negara dengan negara lainnya, karena hal tersebut dipengaruhi oleh kemunculan hilal di wilayah negara tersebut atau rotasi bumi terhadap matahari dan rotasi bulan terhadap bumi.

Selain menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan, mengetahui konversi tahun Hijriyah bagi umat Muslim juga dapat membantu untuk menjalankan ibadah puasa sunnah atau ibadah-ibadah lainnya yang dianjurkan pada waktu dan penanggalan Hijriyah tertentu.

Dengan demikian, konversi tahun Hijriyah ke tahun Masehi termasuk tahun 1444 H yang menjadi pertanyaan menjelang Ramadhan 2023 tersebut dinilai penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan