Apa Saja Syarat Wajib Puasa? Catat 5 Poin Ini Jelang Ramdahan 2023!

JABAR EKSPRES – Syarat wajib puasa menjelang Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriyah tentunya menjadi perhatian umat Muslim di seluruh dunia.

Perlu diketahui bahwa untuk menjalani ibadah pada Ramadhan 2023 nanti, umat Muslaim disarankan untuk mengetahui apa saja syarat wajib puasa yang harus dipenuhi.

Seperti diketahui bahwa Islam memiliki aturan termasuk syarat wajib puasa, hal ini juga dinilai sangat penting bagi umat Muslim yang hendak menjalani ibadah puasa pada Ramadhan 2023 nanti.

BACA JUGA: 6 Tips Persiapan Hadapi Ramadhan 2023, Agar Siap Jalani Ibadah Puasa Sebulan Penuh

Syarat wajib puasa juga telah dijelaskan oleh para ulama bahkan telah tercatat dalam Al Quran dan Hadist.

Lalu, apa saja syarat wajib puasayang harus dipenuhi menjelang Ramadhan 2023?

Syarat wajib puasa merupakana hal yang harus dipenuhi oleh seseorang karena jika salah satunya tidak terpenuhi maka gugurlan tuntutan kewajibannya dalam menjalani ibadah puasa.

Sebagai mana dijelakan dalam hadits yang diriwayat kan oleh Imam Turmudzi dan Imam Muslim:

BACA JUGA: 123 Titik Lokasi Pemantauan Hilal 1 Ramadhan 1444 H di Indonesia

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ

“Dari Abi Abdurrahman, yaitu Abdullah Ibn Umar Ibn Khattab r.a, berkata: saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Islam didirikan dengan lima hal, yaitu persaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, didirikannya shalat, dikeluarkannya zakat, dikerjakannya hajji di Baitullah (Ka’bah), dan dikerjakannya puasa di bulan Ramadhan.” (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 7 dan Muslim: 19)

Dikutip JabarEkspres.com dari Nu.or.id pada Kamis, 16 Maret 2023, berikut ini syarat wajib puasa yang harus dipenuhi umat Muslim menjelang Ramadhan 2023.

Syarat wajib puasa pada bulan Ramadhan

1. Beragama Islam

Seperti diketahuibahwa ibadah puasa bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang diatur dalam agama Islam dan harus dijalankan oleh umat Muslim dengan ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan Al Quran dan Hadist.

2. Baligh

Bagi pria, bisa dikatakan baligh apabila ia pernah keluar mani dari kemaluannya baik dalam keadaan tidur atau terjaga. Sementara bagi perempuan sudah keluar haid.

Kemudian syarat keluar mani dan haid pada batas usia minimal 9 tahun sedangkan bagi mereka yang belum keluar mani dan haid, maka batas minimal ia dikatakan baligh pada usia 15 tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan