6 Tips Persiapan Hadapi Ramadhan 2023, Agar Siap Jalani Ibadah Puasa Sebulan Penuh

JABAR ESKPRES – Setidaknya ada 6 tips persiapan Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriyah yang akan segera tiba, terutama untuk menghadapi minggu pertama dalam menjalani ibadah puasa.

6 tips persiapan Ramadhan 2023 ini bisa disiapkan mulai saat ini agar bisa menjalani minggu pertama ibadah puasa dengan lancar dan dalam kondisi yang sehat.

Dari 6 tips persiapan Ramadhan 2023 tersebut juga bisa dilatih saat ini, tujuannya agar terbiasa dalam menjalani segaola ibadah yang dianjurkian pada saat puasa terutama di minggu pertama.

BACA JUGA: 123 Titik Lokasi Pemantauan Hilal 1 Ramadhan 1444 H di Indonesia

Seperti diketahui bahwa Ramadhan merupakan bulan suci, di mana salah satu ibadah wajib yang dianjurkan adalah menjalani puasa sebulan penuh bagi umat Muslim yang telah memenuhi rukun atau syarat wajib.

Bulan Ramadhan merupakan agenda yang harus dijalani oleh umat Muslim di dunia, yang ada setiap satu tahun sekali dalam kalender Hijriyah.

Ibadah puasa wajib yang paling dikenal dalam bulan Ramadhan yakni puasa, sebagai informasi puasa berarti seseorang harus menahan makan dan minum mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Untuk menjalani puasa sebulan penuh tentu harus dipersiapkan mulai saat ini. Dengan demikian, 6 tips persiapan Ramadhan 2023 ini diharapkan dapat memabantu umat Muslim untuk lebih bisa mempersiapkan diri menjalani bulan puasa nanti.

Dikutip JabarEkspres.com dari About Islam pada Kamis, 16 Maret 2023, berikut ini adalah 6 tips persiapan Ramadhan 2023 agar bisa menjalani ibadah puasa pada minggu pertama dengan baik.

6 Tips Persiapan Ramadhan 2023

1. Luruskan Niat dan Perbanyak Doa

Salah satu hal yang utama dalam bersiap menghadapi ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 2023 nanti, umat Muslim disarankan untuk meluruskan niat dan tujuan.

Selain niat, umat Muslim juga disarankan untuk memperbanyak doa, salah satu doa yang bisa dipanjatkan yakni diberikan usia yang panjang dan berkah agar sampai pada bulan suci Ramadhan 2023.

Hal ini juga dapat menjadi motivasi agar dapat menghadapi ibadah puasa dengan baik dan penuh semangat.

2. Banyak Berbuat Kebaikan

Ramadhan merupakan bulan suci, sehingga dibutuhkan kebaikan-kebaikan untuk menjalaninya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan