Kadin Kota Bogor Ajak UMKM Bersatu Jadi Pengusaha Sukses

JABAR EKSPRES – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bogor mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bersatu dalam mengembangkan usahanya.

Hal itu diungkapkan Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi usai menggelar Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) 2023 di Kantor Kadin, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Rabu (8/3) Malam.

Dirinya menjelaskan, hasil dari Rapimkota tersebut merekomendasikan sejumlah program strategis yang akan dijalankan Kadin Kota Bogor selama tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menggaris bawahi point penting terhadap keberadaan para pelaku UMKM di Kota Bogor.

Sektor UMKM, sambung dia, menjadi fokus utama dalam menerapkan fungsi organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia, sekaligus mitra strategis pemerintah dalam mendorong pergerakan dunia usaha di Indonesia tersebut.

”Ini juga sesuai arahan Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia Pak Arsjad Rasjid dan Ketum Kadin Jawa Barat Pak Cucu Sutara bahwa Kadin di tahun 2023 akan lebih fokus di bidang UMKM, untuk bagaimana UMKM ini bisa naik kelas,” kata Almer.

Untuk mengakselerasikan hal itu, kini pihaknya tengah menyusun sejumlah strategi dengan melibatkan sejumlah pihak khususnya pemerintah dan jajaran parlemen.

Dengan begitu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan audiensi dengan Komisi II DPRD Kota Bogor yang membawahi mengenai perekonomian koperasi dan usaha mikro, guna meramu dan memetakan permasalahan yang kerap kali dialami oleh para pelaku UMKM.

Sebab, kata dia, pihaknya kerap kali menerima informasi dari para pelaku UMKM yang terbentur dari sisi permodalan, skema kerja, regulasi dan lain sebagainya.

”Kami akan bahas terkait pengembangan UMKM ini, agar menemukan solusi dan peluang-peluang atau kemudahan untuk  para pelaku usaha kecil. Sebisa mungkin dibentuk kebijakan peraturan daerah yang mendukung usaha mereka,” tegasnya.

Almer berjanji, ke depan pihaknya akan berupaya hadir mengambil peran dalam melakukan pendampingan terhadap UMKM khususnya bagi UMKM binaan Kadin Kota Bogor.

”Saya juga mengajak kepada paguyuban UMKM untuk bersatu, dengan tujuan yang sama yakni menjadi pengusaha sukses dan naik kelas,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengapresiasi langkah Kadin Kota Bogor dalam menggairahkan pertumbuhan ekonomi khususnya pada sektor UMKM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan