Amalan dan Doa Malam Nisfu Syaban yang Dikerjakan Rasulullah SAW, Lengkap dengan Tulisan Latin

Jabarekspres.comMalam Nisfu Syaban merupakan malam yang istimewa. Hal tersebut karena diyakini bahwa Allah SWT akan menghapuskan dosa hamba-Nya yang memohon ampunan.

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam pengampunan. Catatan amal setiap manusia akan dilaporkan kepada Allah SWT.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal ke-15 dalam bulan Syaban di kalender Islam. Pada tahun 2023 kalender masehi, malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Rabu, 8 Maret 2023, dilansir dari Nahdatul Ulama (NU).

Umat muslim dianjurkan melakukan amalan ibadah dan kebaikan agar mendapat keberkahan dari Allah SWT. Malam Nisfu Syaban sangat istimewa karena Allah SWT akan mengampuni dan menghapuskan dosa-dosa orang mukmin, yang memohon ampunan atas segala dosa yang diperbuat.

Amalan pada malam Nisfu Syaban sesuai sunnah

1. Baca Surat Yasin tiga kali

Umat Muslim dianjurkan membaca Surat Yasin di malam Nisfu Syaban sebanyak tiga kali. Untuk bacaan yang pertama, niatkan untuk memohon diberi panjang umur dalam kondisi yang taat dan patuh kepada Allah SWT.

Pada bacaan kedua niatkan untuk menolak musibah, dan niatkan untuk meminta kekayaan dan kecukupan selama masih hidup di dunia pada bacaan ketiga.

2 Perbanyak doa dan Istigfar
Manusia tidak ada yang luput dari dosa, maka dari itu dianjurkan untuk perbanyak doa memohon ampun kepada Allah SWT. Di malam Nisfu Syaban, hamba-Nya yang memohon ampunan akan diampuni dosa-dosa yang diperbuat di dunia. Selain perbanyak doa, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istigfar.

3. Perbanyak Syahadat dan Dzikir
Di malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan perbanyak untuk membaca dua kalimat syahadat. Sebagaimana dikatakan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

Umat muslim juga dianjurkan mengucapkan takbir dan tahmid sebanyak 100 kali, kemudian membaca salawat Nabi 100 kali dan dzikir lainnya kepada Allah SWT.

4. Shalat Sunnah

Umat muslim juga dianjurkan untuk menunaikan shalat sunnah, seperti shalat hajat, shalat taubat, dan shalat tasbih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan