Kawasan Hutan Lindung Rancaupas Rusak Akibat Event Trail, Begini Kronologisnya!

Akibat even itu, banyak lahan pertanian dan kawasan hutan Rancauas mengaami kerusakan. Sehingga, Anjar menghimbau kepada pihak yang dirugikan hara segera melapor.

Polsek Ciwidey sudah memanggi panitia even trail itu untuk dimintai keterangan. Dari hasil pemeriksaan pihak panitia bersedia bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi akibat even trai itu.

“Jadi kemarin senin sudah disepakati dengan pihak Rancaupas, dari panitia sendiri siap menyepakati perbaikan karena ada beberapa kerusakan yang akan diganti oleh panitia,” ujar Anjar.

Menurutnya, kerusakan terjadi di sekitaran track event trail ini karena jalur tersebut merambat ke arah jalan hingga masuk ke perkebunan milik warga.

“Kan ini lokasinya di kebun, jadi banyak motor yang lewat ke situ, kaya ke kebun kopi atau sayur milik beberapa petani. Nah itu semua rusak,” katanya.

Pihaknya menyebut jika dalam kasus ini pihak panitia sudah berjanji akan melakukan perbaikan serta kompensasi kepada warga dan petani.

Anjar mengatakan untuk kompensasi atau penggantian saat ini sedang diakukan oleh pihak panitia. Seperti penggantian tanaman, perbaikan jalan yang mengkibatkan kubangan.

“Panitia sedang memberikan kompensasi. Seperti pohon dan tanaman milik petani terus jalan yang kubangannya dalem sekarang mulai diperbaiki agar bisa dipakai warga,” sebutnya.

Dalam kasus Pollsek Ciwidey tidak menetapkan ketua panitia menjadi tersangka. Sebab, pihak panitia even sudah menyanggupi akan memberikan pergantian dan bertanggung jawab.

“Karena panitia bertanggung jawab dan siap mengganti semua kerugian jadi ketua panitia kita tidak jadikan tersangka,” jelasnya. (mg6/yan).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan