Malam ini Nisfu Sya’ban, Lakukan Amalan ini, Niscaya Dosa-Dosa Diampuni

JABAREKSPRES – Malam nisfu sya’ban yang jatuh pada hari ini, yakni hari ke 15 bulan Sya’ban 1444 Hijriyah atau 7 Maret 2023 merupakan malam yang sangat istimewa.

Karena keistimewaannya itu, maka dianjurkan untuk memperbanyak melakukan beberapa amalan yang diyakini bisa melunturkan dosa-dosa manusia.

Karena malam Nisfu Sya’ban adalah malam pengampunan dari Allah, dimana segala malam tersebut merupakan malam tutup buku pencatatan segala amal perbuatan.

Ada sebuah hadis yang memperkuat keyakina tersebut , yakni hadits ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ

“Allah ‘azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam nisfu Sya’ban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.”

Sehingga bila manusia memperbanyak melakukan amalan untuk memohon pengampunan dari Allah, maka niscaya Allah akan mengampuninya.

Bahkan, dimalam tersebut, bukan hanya kepada Allah, bila manusia saling meminta maaf dengan sesamanya, maka dosa-dosa akan dihilangkan.

Karenanya ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan saat malam nisfu sya’ban, seperti dilansir dari fin, yakni sebagai berikut:

1. Membaca Surat Yasin
Yasin di malam nisfu Syaban dapat membawa keberkahan bagi pembacanya.

Bacaan yang pertama diniatkan untuk memohon dipanjangkan umurnya dalam kondisi taat dan patuh kepada Allah Swt.

Bacaan kedua, diniatkan untuk menolak bala seumur hidup. Bacaan ketiga, diniatkan untuk meminta kecukupan selama hidup di dunia.

2. Berdoa

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa di malam nisfu Syaban.

Hal ini dilakukan karena pada malam nisfu Syaban, Rahmat Allah Swt turun ke bumi untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Bakar ash-Shidiq dari Rasulullah Saw berikut:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT

turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

3. Beristighfar.

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam poin di atas bahwa Rahmat Allah Swt akan turun ke bumi di malam nisfu Syaban untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang meminta ampunan kepada-Nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan