Bangkitkan Peran UMKM, Kanwil DJPb Provinsi Jabar Gelar Bazar

BANDUNG – Dukungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jabar terhadap pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazar UMKM 2023 yang dilaksanakan di halaman depan Kanwil DJPb Jabar.

Diikuti oleh 60 peserta pelaku UMKM terpilih dengan berbagai macam produk yang dipasarkan. Didominasi usaha kuliner dan selebihnya bervariasi mulai dari produk pakaian, hingga kerajinan tangan.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat sekaligus sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho mengatakan, peran penting UMKM sebagai salah satu motor penggerak pemulihan ekonomi telah memberikan kontribusi yang sedemikian besar terhadap perekonomian Indonesia.

“UMKM terbukti mampu bertahan terhadap krisis yang melanda Indonesia termasuk pada masa pandemi Covid-19. Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan turut berupaya mengembangkan dan menguatkan sektor UMKM salah satunya melalui kegiatan Bazar UMKM,” ujar Heru saat ditemui usai peresmian puncak acara Bazar UMKM 2023, Minggu (5/3).

Bazar UMKM 2023 digelar serentak di seluruh Kanwil DJPb dalam rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 bertajuk Pekan UMKM Hari Bakti Perbendaharaan dengan tema Kemenkeu Hadir Untuk UMKM di Daerah. Sinergi pemberdayaan UMKM dilakukan seluruh jajaran Kemenkeu Satu Jawa Barat.

Kata Heru, tiap unit eselon II (Kanwil DJPb, Kanwil DJP, Kanwil DJBC, dan Kanwil DJKN) serta Balai Diklat Keuangan Cimahi memiliki program pemberdayaan UMKM dengan peran dan karakteristik masing-masing sesuai dengan bidang tugasnya.

Pada kegiatan Bazar 2023 ini, sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi Kemenkeu Satu Jawa Barat diadakan pula acara Sosialisasi kepada para pengunjung dan pelaku UMKM dengan tema Kemenkeu Hadir Untuk UMKM di Daerah.

“Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh terkait kebijakan-kebijakan di Kementerian Keuangan terhadap pengembangan dan penguatan UMKM. Kebijakan tersebut antara lain berupa kebijakan ekspor, pajak, lelang, sisi pembiayaan, dan pelatihan UMKM,” tambahnya.

Kerja sama Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat dengan mitra kerja di luar Kemenkeu seperti Bank Himbara, Bank Syariah Indonesia (BSI), Pegadaian, dan Permodalan Nasional Mandiri (PNM) diwujudkan dalam bentuk partisipasi UMKM binaan mereka menjadi peserta Bazar UMKM.

Tinggalkan Balasan