Kejar Target PAD, Ini Gebrakan Bapenda Kota Bogor

Jabar Ekspres РBadan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor menggenjot  Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2023. Caranya dengan mengupdate data Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2).

Sekretaris Bapenda Kota Bogor, Lia Kania Dewi menyatakan, untuk mengakselerasi hal itu, pihaknya telah menggelar Workshop Pemeliharaan Basis Data dan Pemetaan PBB-P2 beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan workshop itu, kata dia, ditujukan untuk memberikan pemberitahuan terkait pemeliharaan basis data dan pemetaan PBB-P2 kepada aparatur dimasing-masing wilayah.

 

“Jadi untuk pelaksanaan PBB-P2 tahun 2023 mengalami penyesuaian NJOP, untuk itu aparatur wilayah diharapkan menyampaikan edukasi dan komunikasi kepada masyarakat agar mendapat penjelasan dengan kenaikan maksimum sebesar 30 persen,” katanya kepada wartawan, Senin, 6 Maret 2023.

Dirinya mengungkapkan, saat ini Pemkot Bogor sedang memberikan diskon pembayaran PBB-P2 bagi masyarakat, mulai 15 persen pada 13 Februari hingga 12 Maret 2023 mendatang.

Selanjutnya 10 persen mulai 13 Maret hingga 12 April dan 5 persen pada 13 April sampai dengan 12 Mei mendatang. Diskon ini, kata dia, dimaksudkan untuk mempercepat pembayaran dengan harapan kas daerah bisa terisi lebih awal.

 

“Khusus diskon hanya bisa dilakukan bagi masyarakat yang sudah mendaftar melalui elektronik SPPT atau e-SPPT. Maka dari itu untuk aparatur wilayah diharapkan bisa menginformasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan periode diskon tersebut,” serunya.

Perlu diketahui, target PBB-P2 Kota Bogor pada tahun 2022 mencapai Rp 155 miliar dengan realisasi Rp 164 miliar atau 104 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *