Situasi Kondisi dan Jumlah Korban Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Jabar Ekspres – Kebakaran hebat depo pertamina plumpang terjadi pada Jumat malam (3/3) pukul 20:11 WIB.

Api pertama kali dilaporkan muncul pada pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo.

Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Utama, Abdul Wahid mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut diduga karena sambaran petir.

“Dari informasi yang diterima itu, karena tersambar petir,” ungkap Abdul Wahid, Sabtu (4/3/2023).

Setelah itu, api membesar dengan cepat karena disulut oleh BBM dalam jumlah besar di area depo Pertamina.

Hembusan angin kencang di kawasan tersebut kemudian menyebabkan api menjalar ke kawasan sekitar, termasuk kawasan pemukiman.

BACA JUGA: Petugas Pantarlih Dikeroyok, Ini Desakan Keluarga kepada Polisi

Akibat kebakaran tersebut, beberapa warga dievakuasi dari tempat kebakaran bermula. Warga juga dibawa ke rumah sakit terdekat karena mengalami gangguan pernapasan.

Korban tewas akibat kebakaran hebat yang terjadi di Koja depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, terus bertambah.

Menurut data terakhir yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada pukul 01:16 WIB, 17 orang meninggal dunia, bertambah satu orang dari data sebelumnya.

“Info terakhir yang kami terima dari Jakarta Utara 17 orang,” kata Pelaksana Harian Kepala BPBD DKI M Ridwan, Sabtu (4/3/2023).

Terdapat 51 Korban luka-luka, dengan rincian 49 luka berat dan dua luka sedang. Sebagian besar korban mengalami luka bakar dan dirawat di beberapa rumah sakit.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih berada di lokasi kebakaran, mencari korban lain di reruntuhan bangunan yang terbakar.

BACA JUGA: VIRAL! Video Suami Ceburkan Istri ke Laut

Sebanyak 52 unit mobil pemadam kebakaran dan 260 petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Api baru bisa dipadamkan setelah petugas berjuang memadamkannya selama lebih dari enam jam. Pemadaman dinyatakan selesai pada Sabtu pagi pukul 02:19 WIB.

Video Kondisi Situasi Terkini Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang (sc: @Capenk4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan