Diterjang Longsor, Jalan Alternatif Menuju Puncak Ditutup!

Jabar Ekspres – Jalan alternatif menuju kawasan Puncak Bogor ditutup sementara. Hal itu setelah diterjang longsor di Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (27/2).

Longsor tersebut disebabkan tinginya intensitas hujan di wilayah tersebut, sehingga mengakibatakan jalan menuju kawasan puncak itu tertimbun puing-puing tebingan.

Kasie Pelayanan Desa Gunung Geulis, Edi Suhardi menjelaskan, longsong di jalan Gunung Geulis itu terjadi pada pukul 04.00 WIB dini hari.

“Tebing disepanjang jalan raya bukit pelangi itu longsor dan menutupi akses jalan menuju jalur puncak, padahal akses jalan ini merupakan jalan alternatif menuju puncak,” katanya kepada media.

Edi menjelaskan, akibat kejadian tersebut jalan raya bukit pelangi ditutup sementara terutama untuk kendaraan roda empat.

“Jalannya ditutup sementara karena puing longsor ini masih menutup badan jalan dan hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas dan itu pun bergantian. Tapi kalau roda empat belum bisa melintas untuk sementara waktu,” tambahnya.

Tak hanya itu, pada hari yang sama dititik berbeda ada satu unit rumah uanh ambruk tertimpa longsor.

“Jadi di Kampung Pabangbon, RT 03/01, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja terdapat tembok penahan tanah (TPT) ambruk menimpa satu rumah tepatnya di bagian belakang mengalami jebol,” lanjutnya.

Masih, kata Edi, satu rumah yang terkena dampak longsor tersebut ditempati oleh 5 orang jiwa dan saat ini tengah mengungsi.

“Pemilik rumah itu sudah mengungsi ke rumah tetangganya sendiri, karena ditakutkan ada longsor susulan. Dan saat ini sedang dalam pembenahan juga,” pungkasnya (sfr)

Sejumlah warga saat membersihkan longsoran di Jalan Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (27/2). (Sandika Fadilah/ Jabarekspres.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan