Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi Dibuka, Ini Linknya

Jabarekspres.com- Resmi! Pendaftaran KIP kuliah 2023 atau Kartu Indonesia Pintar sudah bisa kamu akses, untuk pedaftaran sendiri bisa melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Seperti yang kita ketahui, KIP kuliah berupa bantuan dana pendidikan khusus untuk Sekolah Menengah Atas yang secara akademik memiliki potensi namun kurang mampu untuk finansial ekonomi jika ingin berlanjut ke perguruan tinggi atau kuliah.

Untuk Syaratnya adalah siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Dengan adanya program ini, pemerintah berharap nantinya mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak setelah lulus serta bisa memberikan dampak positif untuk kondisi ekonomi keluarganya di masa depan. Untuk memperoleh KIP Kuliah bisa melalui jalur mandiri atau jalur SNPMB atau Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) lalu bisa juga jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Berikut ini adalah syarat untuk pendaftaran KIP

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
  • Dokumen daftar KIP Kuliah 2023
  • Berikut beberapa dokumen untuk mendaftar KIP Kuliah 2023:
  • Data diri
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Itulah informasi mengenai KIP Kuliah 2023, Semoga informasi ini membantu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan