Jadwal Puasa Nisfu Syaban dan Bacaan Niatnya, Simak Keutamaannya

Oleh karena itu, pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan perbuatan amal baiknya.

Misalnya saja dengan melaksanakan sholat sunnah tahajud, membaca alqur’an, memanjatkan sholawat, memanjatkan doa untuk para orang tua yang telah meninggal dan untuk para leluhur. Ditambah dengan puasa Syaban.

Dalam hadis lain, yakni hadis riwayat An Nasa’i, Ahmad, dan sanadnya dihasankan Syaikh Al Albani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.”

Tak hanya itu, Allah SWT pun mengampuni dosa-dosa orang pada malam Nisfu Syaban. Terutama dosa orang-orang yang melaksanakan puasa Nisfu Syaban.

Hal itu disampaikan dalam hadis shahih dari Abu Musa Al Asy’ari radhiallahu ‘anhu, dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibn Majah, At Thabrani, dan dishahihkan Al Albani).

Tinggalkan Balasan