Malam Nisfu Sya’ban, Ketahui 4 Dosa yang Tak Diampuni Allah

JABAR EKSPRES –  Tahukah Anda bahwa ada 4 dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT di malam Nisfu Sya’ban? Simak informasinya di bawah ini.

Penting untuk diingat bahwa penetapan malam Nisfu Sya’ban ini mengikuti kalender Hijriah Indonesia 2024 yang telah ditetapkan dengan teliti oleh Kementerian Agama (Kemenag RI).

Bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriah adalah Sya’ban, dan terdapat salah satu malam istimewa yaitu Nisfu Sya’ban.

Adapun untuk malam Nisfu Syaban dimulai pada tanggal 24 Februari setelah Maghrib.

Pada malam ini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam karena pada malam tersebut Allah mengampuni segala dosa hamba-Nya.

Oleh karena itu, malam Nisfu Sya’ban juga dikenal sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan.

Di samping itu, ada empat dosa yang tidak diampuni oleh Allah di malam Nisfu Sya’ban.

BACA JUGA: Doa Malam Nisfu Sya’ban, Bacaan Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

4 Dosa Tidak Diampuni Allah di Malam Nisfu Sya’ban

Dilansir JabarEkspres.com dari laman NU Online, bukti bahwa malam Nisfu Sya’ban adalah malam pengampunan dijelaskan oleh pegiat kajian tafsir dan hadits, Muhammad Alvin Nur Choironi, yang mengutip keterangan dari Sayyid Muhammad dan hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal.

Menurut Alvin, dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa ada dua dosa besar yang tidak diampuni di malam Nisfu Sya’ban, yaitu dosa syirik dan munafik yang memicu perpecahan.

Selain dosa syirik dan orang munafik yang menyebabkan perpecahan, Alvin juga menyebutkan bahwa ada dosa lain yang tidak bisa diampuni pada malam Nisfu Sya’ban, yaitu durhaka terhadap orang tua dan zina.

BACA JUGA: Keistimewaan Nisfu Syaban dan Amalan-amalan yang Dianjurkan!

Dosa-dosa tersebut bahkan tidak mendapat ampunan di malam pengampunan lain seperti Ramadhan, asyhurul hurum, dan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan