Ciri-Ciri dan 12 Contoh Persyaratan Lowongan Kerja di Indonesia, Nyeleneh Banget

JABAR EKSPRES – Ketika hendak mencari lowongan pekerjaan (Loker) tentu kita harus membaca terlebih dahulu berbagai persyaratan yang dicantumkan. Ada ciri-ciri khusus yang sering kamu temui di persyaratan lowongan kerja di Indonesia.

Berbeda persyaratan lowongan kerja di luar negeri khususnya di negara-negara barat yang lebih memperioritaskan skill dan kemampuan pekerja karyawan. Lowongan kerja di Indonesia mempunyai ciri-ciri tertentu yang bahkan sampai membuat kita geleng-gelng kepala.

Dengan berbagai persyaratan tersebut, seringkali hanya sebagian kecil kandidat yang memenuhi kriteria berdasarkan persyaratan yang tercantum dalam informasi lowongan kerja.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia seringkali menyantumkan persyaratan yang kurang masuk akal bahkan terkesan body shaming atau menekankan penampilan fisik yang harus menarik.

Bahkan seringkali kriteria yang tertulis untuk perekrutan calon karyawan tidak sebanding dengan gaji yang akan didapatkan. Seperti contohnya, pelayan kafe bagian cuci piring diharuskan berusia di bawah 25 tahun dengan pengalaman minimal 2 tahun di bagian yang sama.

Persyaratan tersebut tentunya cukup memberatkan kandidat karyawan yang tidak sesuai kriteria mengingat mencuci piring tidak butuh waktu lama untuk belajar dan bisa dilakukan siapa saja di usia produktif asalkan dengan kondisi kesehatan yang baik.

Ciri-Ciri Persyaratan Lowongan Kerja (Loker) di Indonesia

Berikut adalah berbagai persyaratan lowongan kerja yang erat sekali dicantumkan di berbagai perusahaan yang berdiri di indonesia ketika hendak merekrut karyawan baru. Lengkap dengan maksudnya.

  1. Berpenampilan menarik (kecerdasan dan skill urusan nanti, yang penting tinggi, bersih, ganteng/cantik).
  2. Siap bekerja di bawah tekanan (sebelum melamar kerja, calon karyawan sudah diberi tahu jika di perusahaan tersebut penuh tekanan).
  3. Bersedia ditempatkan di manapun (biasanya perusahaan ini mempunyai beberapa kantor cabang di seluruh indonesia)
  4. Fresh graduated (soalnya perusahaan kami cari yang masih polos, kalau yang sudah berpengalaman susah buat dibego-begoin)
  5. Batas usia maksimal … tahun (yang tua gak boleh kerja)
  6. Pengalaman minimal … tahun di bidang yang sama (kalau gak punya pengalaman jangan kerja di perusahaan kami).
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik (padahal yang minta persyaratan ini belum tentu bisa berkomunikasi dengan baik)
  8. IPK / Nilai minimal … (kecerdasan dinilai dengan angka)
  9. Punya kendaraan dan SIM C / A (yang gak punya kendaraan gak bisa kerja)
  10. Belum menikah (kalau mau menikah harus resign, apalagi kalau statusnya masih karyawan baru)
  11. Siap bekerja overtime (tanpa dibayar lembur)
  12. Common Ending —> diterima berkat orang dalam.

Tinggalkan Balasan