Dorong Pertumbuhan Ekonomi, 765 Ikan Cupang Lokal hingga Luar Negeri Dipamerkan di Bogor

JABAREKSPRES.COM, BOGOR – Kontes ikan cupang bertajuk ‘Bogor Never Dry, Betta Battle In Eastern Bogor’ tahun 2023 menjadi ajang bergengsi sekaligus bukti bangkitnya para pecinta ikan cupang di Indonesia.

Ratusan ikan cupang beragam spesies, bentuk dan warna dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dipertontonkan ke publik di Boxies Mal 123, Tajur, Kota Bogor selama dua hari, 28-29 Januari 2023.

Kontes ikan cupang tingkat nasional itu kembali digalakkan Forum Cupang Bogor (FCB) guna menggairahkan pecinta ikan cupang nusantara, dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada sektor perikanan.

“Saya ingin dengan kontes ini bisa meramaikan kembali percupangan di Kota Bogor, karena saat ini harga ikan cupang justru semakin melejit khususnya di Bogor,” kata Ardi Siswanto selaku Penggagas kontes ikan cupang tersebut.

Ardi menyebut, dalam ajang kontes pertama kali di tahun 2023 itu mendapat antusiasme yang tinggi, sedikitnya tercatat ada 765 ikan cupang yang terdaftar berpatisipasi untuk memperbutkan 80 kategori yang dilombakan.

“Kontes ini juga banyak peserta yang berasal dari luas Kota Bogor, seperti dari Palembang, Pontianak, Makasar, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. Selain itu ada juga dari luar negeri dari Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura,” sebutnya.

Pihaknya meyakini, dengan adanya kontes ini, harga ikan cupang peserta otomatis menjadi terdongkrak.

Terlebih bagi juara 1 dalam kontes. Harga ikan cupang saat ini masih tinggi, jenis multi colour saja bahannya bisa mencapai Rp500 ribu dan jadinya bisa Rp3 jutaan.

“Dulu saat pandemi Covid-19 ramainya pehobi, kalau sekarang ramainya kontes. Dalam kontes dibagi kelas-kelas nya, ada bentuk dan warna. Setiap bentuk juga ada kelasnya lagi,” terangnya.

Sementara, Ketua Pelaksana kontes ikan cupang ‘Bogor Never Dry, Betta Battle In Eastern Bogor’ tahun 2023, Awaldi Farhan menuturkan, kategori kelas seluruhnya telah mewakili bentuk dan warna cupang yang terbagi dalam ukuran reguler maupun junior.

Sekarang ini, kata Awaldi, tahap yang tengah berlangsung penjurian untuk tiap kelas, dan dilanjutkan placing untuk juara 1, 2, dan 3 tiap kelas.

“Sedangkan penentuan best of division sore ini. Bagi mereka yang juara akan mendapatkan tropi juga uang tunai,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan