7 Fakta Jamur Cordyceps di Serial The Last of Us, Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Manusia

JABAR EKSPRES – Apa itu jamur Jamur Cordyceps? Jamur Cordyceps menjadi hal yang paling menarik untuk diperbincangakan di serial The Last of Us yang mulai tayang di HBO pada Senin, 23 Januari 2023. Ternyata ada sederet fakta Jamur Cordyceps di serial The Last of Us.

Diceritakan di serial The Last of Us, Jamur Cordyceps merupakan awal dari wabah menyeramkan yang berawal dari Jakarta, Indonesia. Namun fakta yang ada di dunia nyata, Jamur Cordyceps ternyata bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Semua itu bermula sekitar 20 tahun lalu. pada 2003. Jamur ini membuat orang yang terinfeksi menjadi haus darah dan dengan mudah menginfeksi orang lain. Kondisi ini menyebabkan kekacauan dan memicu pandemi global.

Joel kala itu melarikan diri bersama anaknya, Sarah, saat virus mulai menyebar. Namun, mereka diserang militer dan Sarah tewas akibat serangan itu. Sedangkan Joel berhasil selamat karena bantuan adiknya, Tommy (Gabriel Luna).

Virus tersebut mengubah dunia. Sekitar 20 tahun setelah itu, Joel tinggal di zona karantina Boston yang dikelola ketat Badan Penanggulangan Bencana Federal (FEDRA). Semua orang yang masih bertahan hidup berusaha mencari tempat aman untuk selamat dari wabah.

Mengutip laporan kanal Health Liputan6.com dari Washington Post, Jamur Cordyceps di dunia nyata akan menyebabkan gejala serupa zombie pada serangga. Namun, efek tersebut tidak ditemukan pada manusia ketika jamur tersebut dikonsumsi.

Fakta Jamur Cordyceps di Serial The Last of Us

Ternyata Jamur Cordyceps menawarkan manfaat bagi kesehatan manusia, bukan sebagai penyebab penyakit atau wabah mematikan seperti yang ditayangkan di serial The Last of Us.

  1. Pembunuh Serangga

Jenis jamur ini dikenal sebagai pembunuh lambat serangga dengan menginfeksinya secara perlahan. Cordyceps sinensis terbentuk ketika jamur menyerang larva serangga, menginfeksinya dengan spora selama musim gugur untuk kemudian berkembang selama musim dingin. Saat musim semi tiba, jamur akan membunuh serangga dengan cara memakan nutrisi inang secara perlahan, lalu tumbuh melalui rongga mulut mereka.

  1. Asal Muasal

Tercatat ada sekitar 600 spesies jamur cordyceps, yang sebagian besar berasal dari Asia. Spesies yang paling terkenal adalah Cordyceps sinensis, yang sekarang dikenal secara resmi sebagai Ophiocordyceps sinensis. Spesies itu digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sekitar lima ribu tahun lalu dan diakui sebagai salah satu makanan super tertua di dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan