Situ Gede Dijadikan Wisata Baru di Bogor

JABAR EKSPRES.COM – Kota Bogor memiliki destinasi wisata baru. Tempat wisata baru tersebut berupa danau atau situ yang sudah direvitalisasi. Dijadikannya danau tersebut lebih glowing atau bercahaya dan dibuat eksotis. Wisata Bogor baru Situ Gede, pada Kamis (19/1) baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kawasan yang berada di aset Pemrov Jabar dengan memiliki luas sekitar 4,2 hektare semakin kental dengan nuansa eksotis sebagai destinasi wisata dan pengembangan ekowisata. Lokasinya mudah dijangkau. Beberapa sudut danau sudah terpasang spot atau ruang untuk berswafoto.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami mempersilahkan warga untuk menjadikan Situ Gede sebagai destinasi wisata baru. Sudah  Rp 7 miliar dana revitalisasi dikucurkan oleh provinsi untuk peningkatan ekonomi wisata.

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat, tempat tersebut harus jadi tempat yang luar biasa secara fungsi dan lainnya. “Mudah mudahan bisa memberikan kemaslahatan bagi masyarakat,” ujar Gubernur.

 

Situ Gede merupakan sebuah situ alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG) sebagai pengelola kawasan hutan konservasi. Setelah direvitaliasi, Potensi Wisata Situ Gede Kota Bogor tidak hanya dari nuansa alam yang terdapat di sekitar kawasan tersebut.

Situ Gede saat ini sudah dikelola sebagai objek wisata domestik. Dengan berbagai sarana rekreasi yang seperti : Wahana air, Joggingtrack, tempat wisata kuliner, dan kawasan hutan lindung. Kawasan Situ Gede juga berada di kawasan hutan lindung, menyajikan suasana alami, air situ bersih dan tampungan air tetap terjaga sepanjang musim.

 

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Ahmad Sidik mengatakan, dengan penataan yang dilakukan, pihaknya meyakini bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, Kawasan Pendidikan/IPB, Akses mudah dijangkau, yakni berada di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya, yaitu : Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan tersebut  adalah upaya Konservasi Sumber Daya Air.

Di kawasan tersebut terdapat Area Parkir, Pedestrian, Plaza, Jogging Track, Gerbang, Landscape, Selter, Toilet, Mushola, Selfie Spot, Bidang Sumber Daya Air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan