Ridwan Kamil Berharap Situ Gede Bisa Tingkatkan Ekonomi Wisata

Editor:

Jabarekspres.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan wajah baru salah satu danau ‘Situ Gede’ seluas 4,2 hektare yang ada di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Kamis, 19 Januari 2023.

Salah satu destinasi wisata yang berada pada aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar itu berhasil dipercantik dengan anggaran Rp7 miliar. Sehingga, keberadaannya kini kian kental dengan nuansa eksotis sebagai bentuk pengembangan ekowisata.

”Silakan manfaatkan situ gede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp 7 miliar direvitalisasi oleh provinsi, untuk peningkatan ekonomi wisata,” tutur Ridwan Kamil usai meresmikan Situ Gede pada Kamis, 19 Januari 2023.

Situ Gede merupakan sebuah danau alami dikawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG) sebagai pengelola kawasan hutan konservasi yang sudah dikelola sebagai objek wisata domestik.

Setelah di revitalisasi, kini wajah baru Situ Gede yang berada di kawasan hutan lindung itu, semakin berpotensi untuk menarik para wisatawan dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia, seperti  wahana air, jogging track dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di seputaran danau.

”Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini,” paparnya.

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong potensi secara fungsi dan lainnya. Ia berharap atas diresmikannya Situ Gede dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *