Kesempatan Besar, Seleksi CPNS 2023 Membutuhkan 7 Jurusan dari Lulusan S1 ini

JABAREKSRPES – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 disebut akan segera dibuka pendaftarannya diawal tahun ini. Ada 7 jurusan bagi lulusan S1 yang memiliki peluang  besar untuk bisa diterima dalam tes CPNS 2023 ini.

Seleksi CPNS untuk Tahun 2023 ini dibuka kesempatan untuk beberapa jenjang pendidikan, diantaranya SMA/SMK sederajat dan S1 dengan berbegai jurusan.

Untuk beberapa posisi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS ini memiliki persyaratan tertentu yang berhubungan dengan bidang study yang pernah dipelajari pelamar, yang disesuaikan dengan keahlian yang akan digeluti dalam bidang pekerjaannya kelak.

Berikut 7 jurusan untuk lulusan S1 yang berpeluang diterima CPNS 2023.

1. Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan

Jurusan Ilmu Politik selalu mendapatkan porsi di pemerintahan, karena sesuai dengan bidang yang digelutinya.

Jurusan ini memiliki prospek kerja untuk menjadi praktisi peneliti skor kinerja pemerintahan maupun swasta, pegawai Kementerian Sosial, dsb.

2. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi saat ini sangat dibutuhkan diberbagai lini perkerjaan, apalgi di pemerintahan. Karenanya, jurusan ini memiliki peluang yang sangat besar, karena pemerintahan kini sedang dalam masa peralihan dimana segala bentuk layanan berubah menjadi lebih mudah untuk diakses dan praktis secara digital.

Selain itu penyimpanan berkas dan data pada komputer di setiap instansi, menjadi aspek yang penting bagi kantor pemerintahan maupun swasta.

3. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen memiliki peluang yang cukup baik di sektor pemerintahan, pasalnya posisi jabatan seperti perencanaan dan penata kanselerai, analis kelembagaan, arsiparis, dsb memiliki syarat dasar manajemen.

Peluang paling besar untuk lulusan S1 Jurusan Manajemen paling banyak dibutuhkan oleh Kementerian Luar Negeri.

4. Jurusan Kesehatan

Formasi yang selalu dibutuhkan dalam seleksi CPNS adalah bidang kesehatan, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu memiliki kapasitas yang cukup banyak, sehingga peluang untuk menjadi PNS menjadi lebih besar.

Adapun lulusan yang dimaksud termasuk kedalam lulusan program pendidikan pengobatan tradisional, kebidanan, keperawatan, epidemiologi, kandungan, dsb.

5. Jurusan Hukum

S1 Jurusan Hukum biasanya jarang dibutuhkan, namun CPNS kali ini membutuhkan lulusan sarjana hukum untuk menjadi tenaga ahli oleh pemerintah. Padahal biasanya formasi sektor hukum hanya dibuka saat instansi Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Kemenkumham mebutuhkan saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan