Cara Daftar Bantuan Rp4,2 Juta dari Pemerintah, Buruan Sebelum Ditutup

JABAREKSPRES – Pemerintah kembali mencanangkan bantuan  untuk masyarakat produktif yang membutuhkan pekerjaan. Bantuan tersebut dijadwalkan akan cair dalam triwulan pertama di tahun 2023 sebesar Rp4,2 Juta per orangnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara daftar untuk mendapatkan bantuan gratis dari pemerintah tersebut.

Sebelum mengetahui cara untuk mendaftar sebagai penerima bantuan tersebut, ada baiknya mengetahui peruntukan bantuan tersebut. Karena program bantuan ini sesungguhnya sudah ada sejak beberapa tahun terakhir.

Namun untuk tahun 2023 ini dilakukan beberapa perubahan terutama bentuk bantuan yang diberikan dengan menerapkan skema normal.

Menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Cipta Kerja menyebutkan, penerapan skema tersebut akan mulai berlaku di triwulan pertama tahun 2023, dengan menyasar sejumlah bidang pelatihan ketrampilan yang paling dibutuhkan.

Hal ini sebagai upaya untuk peningkatan keahlian atau skill juga produktifitas angkatan kerja baru, sehingga setelah mendapatkan bantuan ini akan lebih mumpuni.

Bantuan dari pemerintah ini melalui program prakerja yang meliputi biaya pelatihan dan insentif pasca pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling, juga biaya survey.

Yang membedakan dari tahun sebelumnya, insentif yang akan diberikan hanya sekali dalam bentuk tunai yakni Rp600 ribu, selebihnya untuk biaya pelatihan yang akan dilakukan selama empatk kali.

Dilansir dari akun instagram resmi @prakerja.go.id , berikut cara daftar Kartu Prakerja tahun 2023 secara online di situs prakerja.go.id.:

1. Masuk ke link resmi Kartu Prakerja prakerja.go.id.
2. Klik “Daftar Sekarang” di pojok kanan atas.
3. Pastikan mengisis nama lengkap, alamat email dan password pada kolom tertera.
4. Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi akun.

Pembuatan akun Kartu Prakerja sudah berhasil.

Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk melakukan pendaftran dan gabung di Kartu Prakerja.

1. Akses link resmi prakerja.go.id di HP atau komputer.
2. Masukkan email dan password.
3. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir.
4. Selanjutnya, isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, Pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan