Tips dan Trik Agar Anda Tidak Gagal Bayar (GALBAY) di Aplikasi Pinjaman Online

Jabarekspres.com – Saat ini aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) sedang menjamur. Baik yang legal mau pun ilegal.

Memang harus diakui dengan pinjaman online bisa membantu sementara permaslahan keuangan. Tetapi harus diakui juga bahwa saat ini banyak orang yang terjebak oleh pinjol itu.

Dampaknya, tidak sedikit orang yang strees akibat gagal bayar. Sebab, tak jarang tagihan dengan nada keras dan meneror masuk ke pesan si debitur.

Terlebih, penagihan yang datang dari pinjaman online yang ilegal. Bahkan, tak jarang aplikasi-aplikasi illegal itu meneror semua kontak yang ada di handphone debitur atau si peminjam.

Baca Juga: Pinjaman Online Bunga Rendah, 3 Aplikasi Pinjol Legal Ini Bisa Jadi Pilihan

Nah agar kalian tidak mengalami hal itu dan tidak mengalami gagal bayar (Galbay) baiknya perhatikan tips dan trik berikut ini:

  1. Sebaiknya jika tidak benar-benar butuh jangan pernah mencoba meminjam di aplikasi pinjaman online.
  2. Namun jika memang butuh dan terpaksa harus meminjam, ada baiknya cari aplikasi yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk mencari apakah aplikasi itu sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, anda bisa melihatnya di website OJK di alamat www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx.

Kalian juga bisa mengecek melalui WhatsApp (WA) OJK dan bisa juga melalui surat elektronik (e-mail) [email protected] atau melalui kontak resmi OJK di nomor 157.

  1. Setelah mendapatkan aplikasi yang legal, sebelum meminjam ada baiknya menghitung dahulu penghasilan yang didapat. Sesuaikan jumlah pinjaman dengan penghasilan yang didapatkan itu.
  2. Jika Anda kaum penerima gaji, sebaiknya meminjam di tanggal-tangal yang pembayarannya dua atau tiga hari setelah anda menerima gaji.

Contohnya bila anda menerima gaji pada tanggal 3 maka pinjamanlah di tanggal 5 atau 6. Hal itu harus dilakukan agar saat pembayaran uang sudah tersedia karena telah menerima gaji.

  1. Pinjamlah dengan jumlah cicilan yang sesuai dengan sisa pengeluaran anda. Jadi lebih baik lama cicilan ditambah dari pada nantinya anda kesulitan untuk mencari tambah saat jatuh tempo pembayaran.
  2. Jangan pernah meminjam ke aplikasi pinjaman online lain untuk membayar cicilan. Sebab, itu akan menyusahkan. Karena nanti malah akan menyulikan kita terbebas dari utang.
  3. Setelah lunas, usahakan jangan meminjam lagi. Apalagi kalau tidak ada keperluan yang mendesak.
  4. Jika memang benar-benar perlu dan terpaksa harus meminjam di aplikasi pinjaman online lagi, cukup gunakan satu aplikasi saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan