6 Makanan Sehat untuk Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

JABAR EKSPRES – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah agar tidak menyebar ke penyakit jantung.

Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darang tinggi yang didefinisikan sebagai nilai tekanan darah sistolik.

Obat-obatan, termasuk angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, biasanya digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

Namun, perubahan gaya hidup, termasuk pola makan sehat dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini: Leo Jangan Terlalu Bertingkah

Berikut 6 makanan sehat yang cocok untuk mengurangi tekanan darah tinggi, sebagaimana Jabarekspres.com melansir dari Healthline.

  1. Buah Jeruk

Sebuah studi salama 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan kaki, secara siginifikan berkolerasi menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek yang dikaitkan para peneliti dengan kandungan asam sitrat dan flavonoid lemon. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda konsultasikan dengan penyedia layananan Kesehatan terpercaya Anda.

  1. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak merupakan sumber lemak omega 3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat Kesehatan jantung yang signifikan.

Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan tingkat senyawa konstriksi pembuluh darah yang disebut oxylipins.

Baca Juga: 5 HP Samsung Flagship Harga Terbaru 2023

  1. Biji Labu

Biji labu memiliki sumber nutrisi terkonsentrasi penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk magnesium, potassium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

  1. Berry

Buah beri telah dikatikan dengan berbagai manfaat Kesehatan yang mengesankan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Buah beri adalah sumber antioksida yang kaya, termasuk anthocyanin yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

Baca Juga: INFO TERBARU! Kartu Prakerja 2023 Bakal Dibuka, Ini Jadwal, Syarat dan Cara Daftar

  1. Pistachio

Pistachio sangat bergizi dan makanan ini termasuk salah satu makanan sehat dengan tingkat tekanan darah yang optimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan