Polda Jabar Lakukan Rekayasa Jalan di Malam Tahun Baru, Ini Lokasinya

BANDUNG – Untuk mencegah kemacetan, Polda Jabar melakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa jalan di malam tahun baru.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan, untuk di Kota Bandung akan melakukan pengaturan lalulintas di beberapa jalur keramaian.

“Untuk di Kota Bandung itu sudah dibuat rekayasa arus lalulintas. Dimana akan ada beberapa area yang ditutup atau mungkin dilakukan pengalihan arus. Tetapi itu juga kita sesuaikan dengan kondisi yang ada,” ucapnya di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (31/12).

Ibrahim menuturkan, pihak kepolisian dibantu dengan instansi terkait akan melakukan pengaturan di atas flyover seperti Pasopati.

“Ada beberapa informasi awal seperti rencana penutupan flyover karena memang ini diperkirakan akan terjadi kemacetan. Mendekati pukul 00.00, itu akan dilakukan penutupan selam 1 atau 2 jam kemudian akan dibuka kembali,” ungkapnya.

Selain di Kota Bandung, titik yang menjadi perhatian petugas adalah Puncak Bogor. Pengaturan arus lalulintas di kawasan tersebut dengan cara penutupan jalur atau memberlakukan satu arah.

 

Kemudian untuk Jalur puncak, akan dilakukan penutupan pada waktu-waktu tertentu seperti pada persiapan malam tahun baru ini.

’’Akan dilakukan penutupan dari jalur Jakarta sampai dengan Puncak. Kemudian nanti pada saat jam 12 itu baru akan dibuka dari atas menuju ke bawah. Dan itu akan dibuka sampai pagi. Jadi dilakukan perubahan arus satu arah,” ucapnya.

Ibrahim memastikan pengamanan secara ketat akan diterapkan saat malam tahun baru nanti.”Untuk penanaman, personel kita sudah siapkan di area-area tersebut secara terbuka dan di backup dengan pengamanan tertutup.  Sehingga nanti kita bisa melakukan pemantauan terkait kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, 26 ribu personel gabungan telah disiapkan oleh Polda Jabar untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di libur Natal dan Tahun Baru 2023 (2023).

Kapolda Jabar, Irjen Pol Santana mengatakan, dalam pengamanan dan pengawasan tersebut akan dilaksanakan selama 11 hari mulai dari tanggal 23 Desember 2022 –  2 Januari 2023.

“Dari jumlah personel yang ada kita seluruhnya kurang lebih ada 26 ribu personel untuk Jabar, dan ada 230 pospam (pos pengamanan),” ucapnya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (22/12) lalu. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan