120 Lembaga PAUD di Kota Bogor dapat Bantuan Alat Permainan Edukatif

BOGOR – Komisi VI DPR RI menyalurkan bantuan alat permainan edukatif (APE) kepada 120 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bogor, Kamis, 29 Desember 2022.

Anggota Komisi VI DPR RI Budhy Setiawan secara simbolis memberikan bantuan APE didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim dan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Dani Rahadian beserta jajaran di aula Disdik Kota Bogor.

 

Anggota Komisi VI DPR RI Budhy Setiawan mengatakan, bantuan APE untuk 120 PAUD di Kota Bogor merupakan bagian dari bantuan CSR mitra BUMN yang ada di Komisi VI.

Dia mengaku, pihaknya dan wakil wali kota Bogor memang sudah sejak lama ingin menyalurkan APE untuk PAUD dan baru terlaksana hari ini.

“Kenapa saya menyentuh kepada PAUD karena saya sendiri memang di organisasi Karang Taruna terlibat aktif di pendidikan karakter dengan melibatkan PAUD, dan juga ikut aktif mengelola PAUD khususnya di pendidikan karakter,” ungkapnya kepada wartawan saat dijumpai di lokasi.

 

Politisi Golkar itu menuturkan, kegiatan itu sebagai bentuk konsisten dirinya untuk menyalurkan APE untuk PAUD, termasuk di Kabupaten Cianjur.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, bahwa pemerintah sudah merencanakan tahun 2043 mendatang akan lahir generasi emas Indonesia dari anak-anak yang sekarang berusia dini.

“Generasi emas Indonesia 2043 itu akan lahir 23 tahun lagi, jadi kalau yang sekarang berusia 4-5 tahun tolong diperhatikan pembangunan atau pembelajaran tentang karakter, tidak terlalu banyak menyusun akademis. Nanti akademis di SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi banyak,” sebutnya.

 

Dia menimbang, pada masa PAUD anak-anak didorong bagaimana untuk mengenal sesama, mencintai lingkungan, memahami kondisi sekitar, dan memiliki kepedulian.

Dengan begitu, sudah seharusnya mereka betul-betul ditanamkan karakter yang kuat, berjiwa sosial, akhlakul karimah, dan berbudi pekerti yang luhur itu menjadi hal penting di masa PAUD.

 

“Jadi motivasi juga oleh orang tuanya menjadikan pendidikan ini sebagai dasar bagaimana kita membangun karakter bangsa, membangun peradaban yang ditanamkan di PAUD,” paparnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD Dikmas pada Disdik Kota Bogor, Rika Riana Riska Dewi menyampaikan bantuan APE berupa alat lukis, balok susu, dan alat warna tentunya memberikan motivasi pada guru juga bagaimana untuk memberikan pembelajaran karakter anak didik di PAUD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan