Cegah Kemacetan di Jalur Wisata Saat Libur Tahun Baru, Polda Jabar Terapkan Skema Ini

BANDUNG – Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengurai kemacetan saat libu natal dan tahun baru (nataru) di beberapa titik kawasan wisata.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, untuk mencegah kemacetan di jalur wisata, pihaknya sudah menyiapkan skema pengaturan arus lalulintas.

“Ada beberapa daerah yang diantisipasi seperti daerah kunjungan wisatawan di Bogor, Puncak, Ciwidey, Lembang dan juga di daerah Pangandaran,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (29/12).

 

Ibrahim menambahkan, skema yang bakal diterapkan yakni menyiapkan beberapa jalur alternatif.  ’’Itu juga sudah dipersiapkan alternatif untuk merubah atau mengalihkan arus lalulintas. Tetapi pengalihannya akan disesuaikan dengan kondisi kepadatan arus lalulintas yang terjadi nantinya,’’ ujarnya.

Selain akan mengatur arus lalulintas, kata dia, saat libur tahun baru, pihak kepolisian juga telah melakukan koordinasi dengan para pengelola objek wisata.

Hal itu dilakukan, agar pihak pengelola dapat segera menyiapkan kantong parkir yang lebih luas saat terjadi lonjakan pengunjung.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola daerah wisata untuk memperbanyak kantong-kantong area parkirnya. Sehingga, nantinya bisa memuat lebih banyak dan bisa mengatur pengaturan pengunjung yang datang,” ungkapnya.

Dengan langkah tersebut, kata dia, kepadatan arus lalulintas di area wisata dapat diminimalisir. Sehingga tak terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang.

“Dengan cara ini bisa meminimalkan kepadatan arus lalulintas yang terjadi di jalan,” terangnya.

Sebelumnya, Polda Jabar telah menyiagakan sebanyak 26 ribu personel gabungan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di libur nataru.

 

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menjelaskan, dalam pengamanan dan pengawasan tersebut akan dilaksanakan selama 11 hari mulai dari tanggal 23 Desember 2022 –  2 Januari 2023. Pengamanan dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi warga.

 

“Dari jumlah personel yang ada kita seluruhnya kurang lebih ada 26 ribu personel untuk Jabar, dan ada 230 pospam (pos pengamanan),” kata jenderal bintang dua ini usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, belum lama ini. (san)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan