KPU Kota Bogor Perpanjang Pendaftaran Calon Anggota PPS 

Jabarekspres.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar menjadi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 pada tingkat kelurahan atau desa.

Diketahui, proses penerimaan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih berlangsung hingga Jumat, 30 Desember 2022 mendatang.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, perpanjangan penerimaan untuk calon anggota PPS tersebut dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia menyusul diterbitkannya SK KPU RI nomor 534 tahun 2022.

Di tingkat Kota Bogor, secara keseluruhan KPU Kota Bogor nantinya akan menetapkan 204 orang untuk bertugas menjadi petugas atau PPS yang tersebar di 68 kelurahan.

”Pendaftaran itu diperpanjang hingga 30 Desember 2022. Pendaftaran PPS dilaksanakan secara online melalui aplikasi SIAKBA,” ungkapnya kepada JabarEkspres.com, Senin, 26 Desember 2022.

Proses pendaftaran secara online diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang ingin terlibat menjadi bagian dari tim penyelenggara ajang lima tahunan tersebut.

”KPU memberi kesempatan terbuka dan sama bagi seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftar dan berkesempatan menjadi PPS,” paparnya.

Dia menjelaskan, setelah proses pendaftaran ditutup, para pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti serangkaian tes mulai dari tes tertulis dengan berbasis komputer atau CAT (computer assisted test).

Pelaksanaan tes tertulis itu akan berlangsung selama lima hari, dari 6 sampai 11 Januari 2023 dan dilanjut ke tahap tes wawancara pada 15 sampai 17 Januari 2023 untuk selanjutnya dipilih tiga anggota PPS ditiap kelurahan.

”Dengan proses seleksi yang terbuka dan profesional, kita berharap akan mendapatkan anggota PPS terbaik di setiap kelurahan untuk menyukseskan pemilu 2024,” tandasnya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Bogor Divisi SDM dan Parmas, Dian A Yamin menambahkan, saat ini proses pendaftaran masih terus berlangsung.

”Hingga kemarin sore yang sudah daftar tembus di angka 719 orang dari 68 kelurahan se-Kota Bogor,” sebutnya.

Pihaknya optimis pendaftar akan terus bertambah mengingat waktu pendaftaran diperpanjang.

”Saya yakin pendaftar masih akan terus meningkat jumlahnya,” tandasnya. (yud)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan