Mahasiswa Unjani Harus Berkarakter Pemimpin, Disiplin dan Santun  

Jabarekspres.com  – Mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) harus berkarakter pemimpin, disiplin dan santun. Sehingga tiga karakter tersebut terus ditanamkan kepada semua mahasiswa. Termasuk pada mahasiswa baru melalui Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (LDKK).

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Hikmahanto Juwana usai menutup kegiatan LDKK bagi mahasiswa tahun akademi 2022 – 2023 di lapangan Djarot Soepadmo Pusdikarmed, Jalan Baros Kota Cimahi, Sabtu (24/12).

”Saya ingin dalam diri mahasiswa Unjani memiliki jiwa dengan 3 karakter pemimpin, disiplin dan santun selama berada dikampus TNI AD,” tegasnya.

Menurutnya, saat ini Unjani menjadi Universitas dengan capaian akreditas unggul. Salah satunya fakultas kedokteran.

Dengan capaian tersebut, lanjutnya, maka tidak ada alasan untuk Universitas Jenderal Achmad Yani tidak berkiprah ke tingkat Nasional.

”Bawa almamater yang lebih baik lagi. Kuncinya adalah, tinggal bagaimana adik adik mahasiswa belajar diri,” ujarnya.

Dia berharap, para mahasiswa menjadi para pemimpin yang bisa diharapkan oleh bangsa. ”Tunjukan pada dunia bahwa Unjani berbeda dengan universitas lain,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Hikmahanto juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Pusdikarmed dan Pussenarmed yang telah ikut mendidik mahasiswa Unjani agar memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

”Loyalitas itu penting untuk menggapai cita-cita, maka kami bekerjasama dengan rektor dan pussenarmed untuk mendidik mahasiswa baru,” tandasnya.

Sementara itu, Danpussenarmed Mayjen TNI Yudhi Chandra Jaya mengatakan jika LDKK yang dilakukan selama empat hari tersebut sudah mempengaruhi jiwa mahasiswa baru Unjani dengan karakter kepemimpinan, kedisiplinan dan santun dalam perbuatan.

”Perubahan karakter itu dapat saya lihat dari beberapa cara mahasiwa saat menjawab pertanyaan. Mereka menjawab sama, ini memperlihatkan kekompakan mereka cukup mendalam,” terangnya.

Dia pun berpesan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan LDKK untuk selalu menjalankan tiga karakter Pemimpin, disiplin dan santun. Apalagi, tiga karakter tersebut menjadi ciri khas Universitas Jenderal Achmad Yani yang tidak dimiliki universitas lain.

”Tanamkan dalam diri adik adik mahasiswa nilai nilai kepemimpinan, kedisiplinan dan santun. Mahasiswa Unjani harus memiliki tiga karakter ini,” pungkasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan