Anggota DPRD Jabar Dorong Cimande Jadi Wisata Budaya dan Religi

Jabarekspres.com – Berada di wilayah selatan, Kabupaten Bogor, Desa Cimande terkenal dengan budaya dan tradisi penca silat. Untuk itu Cimande memiliki potensi untuk dijadikan wisata budaya dan wisata religi di Bumi Tegar Beriman.

Tak hanya penca silat, Desa Cimande juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan religi diantaranya, peringatan maulid nabi, ziarah makam kasepuhan dan haul akbar.

Melihat potensi itu, Ketua Fraksi Gerindra Persatuan, H. Ricky Kurniawan berencana akan mendorong kepada pemerintah provinsi Jawa Barat untuk menjadikan Cimande menjadi wisata budaya dan religi di Kabupaten Bogor.

”Saya melihat potensi disini sangat luar biasa,” katanya kepada Jabarekspres.com, Senin (26/12).

Menurut Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat itu, dengan adanya wisata budaya dan religi maka akan berdampak pada penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

”Cimande sendiri kan sudah diakui oleh provinsi bahkan Unesco, minggu lalu sudah diberikan sertifikatnya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Artinya pemkab jangan diam melihat potensi yang dimiliki Cimande,” ujarnya.

Dia menilai, adanya wisata budaya ini bisa jadi membentuk karakter generasi muda untuk cinta budaya dan tradisi serta mengetahui kasepuhan siapa saja yang ada di Cimande.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan Maulid Nabi yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Cimande selama puluhan tahun itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Saya tahun lalu berkunjung keacara Maulid Nabi di sini, luar biasa banyak masyarakat ekonominya terbantu, banyak yang berjualan disini sepanjang jalan menuju makam kasepuhan,” lanjutnya.

Dia berharap para kasepuhan yang ada di Cimande saat ini terus bisa melestarikan budaya dan tradisi warisan dari orang tua terdahulu.

”Kasepuhan disini fokus untuk melestarikan budaya, nanti disiapkan konsep untuk membentuk wisata budaya dan kami akan dorong,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan