Elektabilitas Erick Thohir Melejit, Pengamat: Sudah Banyak Pengalaman

BANDUNG – Lembaga survei Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas Menteri Badan Usaha Milih Negara (BUMN) Erick Thohir untuk calon wakil presiden (capres) semakin melejit.

Dalam survei, Erick berada di tiga teratas sebagai cawapres di lima provinsi di wilayah Jawa, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Idil Akbar menyebutkan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki banyak pengalaman, sehingga layak diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Secara pengalaman dia sudah cukup, dari sisi politik dia oke,” kata Idil, Sabtu 24 Desember 2022.

Menurut dia, kepemimpinan Erick di BUMN terus mendapat perhatian besar masyarakat. Bahkan melihat rekam jejaknya Erick memiliki karier kepemimpinan cemerlang di berbagai sektor bidang usaha.

Mulai dari industri hiburan televisi, media cetak, hingga sektor olahraga. Tinta emas perjalanan kepemimpinan Erick Thohir juga sampai ke tingkat internasional dengan menjadi presiden Inter Milan sampai klub NBA Philadelphia 76ers.

Tidak hanya itu, kata Idil, Erick Thohir memiliki modal bagus yang tidak dipunyai banyak kandidat lain sebagai cawapres.

“Rekam jejak mentereng Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini sebagai pengusaha tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya.

Kondisi itu, tambah Idil, turut menjadikan Menteris BUMN itu sebagai figur pemimpin yang selalu mengutamakan penguatan ekonomi, sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan angka elektabilitas tertinggi Erick sebagai cawapres itu berada di daerah Jateng, di mana menyentuh angka hingga 25,4 persen.

“Dalam wilayah 5 (provinsi) di Jawa tersebut, Erick Thohir selalu berada di posisi tiga teratas dengan angka elektabilitas selalu di atas 10 persen,” kata dia. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan