Ceramah Tentang Ibu untuk Khutbah Jumat dan Mengisi Pengajian

JABAR EKSPRES – Sebagai seorang perndakwah tentu kita perlu mencari materi yang menarik untuk mengisi ceramah, salah satunya dengan tema tentang ibu.

Materi ceramah tentang ibu bisa diisi ketika khutbah Jumat atau mengisi pengajian harian. Tentu ini akan sangat mengundang keberkahan.

Ibu adalah salah satu sosok yang paling dimuliakan dalam islam. Banyak ayat Alquran dan Hadis yang menyuruh umat untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tua, salah satunya ibu.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita sebagai umat beriman yang masih memiliki ibu untuk berbuat baik kepadanya dengan cara memberikannya kebahagiaan, atau bisa belum mampu, panjatkanlah doa untuk ibu agar Allah selalu memberikan keberkahan padanya.

Siapapun tak akan merugi di akhirat nanti apabila berbakti kepada ibu sebagai bekal amal kita untuk menuju surga-Nya.

Berikut adalah contoh materi ceramah tentang ibu

Contoh materi ceramah tentang Ibu 1

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulilladzi ja’alalakumus sam’a wal abshoro wal ‘af’idah. Asyadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh. Bismillahiraahmanirahim.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua di sini.

Shalawat serta salam semoga terus tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman. Dan semoga kita mendapat syafaatnya di yaumul qiyamah nanti. (Amiin).

Saudara-saudaraku yang dirahmati oleh Allah SWT

Bila kita membicarakan tentang Ibu, saya teringat akan berbagai kisah yang menceritakan seorang anak yang dihukum karena durhaka kepada ibu. Salah satunya cerita legenda Malin Kundang.

Namun sayangnya, pada zaman sekarang ini tidak pernah kita jumpai seorang anak yang benar-benar menjadi batu akibat kutukan ibunya karena durhaka kepada ibu.

Sekarang ini, seringkali kita jumpai seorang anak yang sudah masuk dalam kategori durhaka karena mereka sering berkata kasar, berbohong, memerintah ibu dan bahkan ada yang sampai tega berperilaku kasar kepada orang tua. Padahal ibu dengan ikhlas melahirkan, menyusui, dan merawat kita, saat kita masih lemah.

Tinggalkan Balasan