Ceramah Tentang Ibu untuk Khutbah Jumat dan Mengisi Pengajian

Maka salah satu bentuk bakti kita adalah, usahakan jangan tampakkan kesusahan dan penderitaan kita, sebisa mungkin tampil ceria dan bahagia jika bertemu dengan ibu, sembunyikan semua penderitaan kita di hadapannya.

Ketika ibu melihat kita bahagia, maka kebahagiaan ibu lebih besar daripada yang kita lihat.

Jika kita berbicara tentang fenomena hari ini, dimana kita harus meninggalkan ibu ketika bekerja, bahkan harus merantau ke luar kota.

Ketahuilah hati ibu sangat berat melihat kenyataan ini, keinginan ibu adalah bisa berkumpul dengan anak-anaknya.

Jika posisi kita jauh dari ibu, hendaklah sering menghubunginya, tanyakan kabarnya dan jangan lupa untuk mengunjunginya.

Terlebih lagi, jika ibu kita sudah tua, maka harapan ibu hanyalah bisa berkumpul dan bersama anaknya, sudah tidak ada lagi keinginan ibu dari makanan yang lezat, pakaian yang mewah dan lain sebagainya.

Yang ibu harapkan adalah bisa berkumpul dan melihat anak serta cucunya.

Jika memungkinkan janganlah kerja jauh dari ibu, agar kita bisa sering menjenguknya dan memperhatikan semua kebutuhannya.

Tapi jika tidak memungkinkan, maka sering seringlah menghubunginya dan sempatkan waktu untuk menjenguknya.

Ingat bahwa bakti kita kepada orang tualah yang menyebabkan kita sukses dunia dan akhirat, semoga kita termasuk orang yang berbakti kepada kedua orang tua kita, aamiin.

wabilahi taufiq wal hidayah,  Assalamualaikum warahmatullahi wabaarakatuh.

Demikian adalah contoh materi ceramah tentang ibu yang cocok disampaikan ketika khutbah jumat dan pengajian, semoga berkah.

Tinggalkan Balasan