Bansos Dana Non Tunai dari Pemerintah Segera Cair Rp2,4 Juta per Orang, Link Daftar dan Cara Cek

JABAR EKSPRES – Bansos Dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2022 dari pemerintah diperkirakan masih akan cair ke masyarakat sesuai kriteria tertentu senilai Rp600.000.

BPNT adalah salah satu program Bantuan Sosial (Bansos) Dana dari pemerintah akan disalurkan kepada masyarakat sebanyak Rp200.000 sampai Rp600 ribu per bulan dalam bentuk saldo rekening, Dana, Gopay dan e-wallet lainnya.

Dikutip dari laman resmi Kemensos, Minggu (18/12), BPNT atau Program Sembako adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk nontunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme perbankan.

Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar.

Program ini juga bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal di perbankan sehingga dapat mempercepat program inklusi keuangan. Penyaluran  bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat dinilai lebih efektif, dengan tujuan, jumlah, waktu, kualitas dan pengelolaan yang tepat.

Dengan kartu elektronik yang dimaksud dapat membeli beras, telur, dan sembako lainnya di pasar, kios, dan toko dengan harga saat ini, sehingga masyarakat dapat nutrisi lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat, tetapi juga protein seperti telur.

Selain itu, penyaluran bansos non tunai juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung, karena mereka dapat mengatur pembagian bansos dana bantuan dari pemerintah ini.

Hal itu karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan. Untuk menyalurkan bantuan sosial non tunai ini, diawali dengan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Segera cek daftar penerima bansos dana bantuan dari pemerintah jenis BNPT sekarang di link cekbansos.kemensos.go.id.

Pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos ini juga dapat dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos di Google Play Store.

Masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos akan mendapatkan BPNT 2022 dalam satu tahun sebesar Rp2,4 juta yang dapat dicairkan Rp200.000 setiap bulannya.

Namun, dikabarkan bahwa pemerintah telah merapelkan penyaluran BPNT 2022 selama tiga bulan, yaitu Oktober, November, dan Desember.

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Sebenernya saya butuh , dan pingin bngt dpt bantuan itu , tp sayang , nama saya di pinjem kakak ipar buat ambil dana di bank BRI , bntar LG lunas si , tp gara2 nama ku tercantum di BRI jd saya GK pernah dapet bantuan apa2, pdhl keadaan saya LG bnr2 , udh GK kerja , usaha saya LG failid Krn uang saya di bawa kabur temen bisnis saya.