Elektabilas Perindo Terus Moncer, Salip Tiga Partai Parlemen

JAKARTA – Secara konsisten, tingkat elektabilitas Partai Perindo terus naik dan mengalami perkembangan positif tingkat keterpilihannya.

Partai yang memiliki nomer 16 sebagai peserta pemilu itu, mampu menorehkan perolehan 4,6 persen berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh

Perolehan ini ternyata mengungguli partai yang sudah memiliki kursi di Parlemen Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Partai Perindo mampu menyalip tiga partai parlemen, seperti Partai NasDem dengan raihan 3,2%, PPP 2,9% dan PAN 1,7%.

“Saya kira menarik ya, di antaranya kalau kita amati Perindo lumayan menonjol sebagai partai non-parlemen mendapat dukungan 4,6%,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat memaparkan hasil survei yang disiarkan secara daring, Minggu (18/12).

Sementara itu, PDI Perjuangan menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas tertinggi dalam survei itu.

Deni mengatakan elektabilitas partai berlambang logo banteng moncong putih itu 24,1%.

Selanjutnya, Partai Golkar membayangi dengan perolehan elektabilitas 9,4%, Gerindra 8,9%, Demokrat 8,9%, PKS 6,2%, dan PKB 6,1%.

“Sementara itu, partai-partai lain di bawah 1%, dan yang belum tahu 20,9%,” tutur Deni.

Survei SMRC digelar pada 3-11 Desember 2022. Survei itu melibatkan 1.220 responden yang merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Adapun, margin of error survei itu diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Seperti diketahui, Partai Perindo berkomitmen untuk meraih kemenangan di Pemilu 2024.

Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dalam berbagai kesempatan menekankan bahwa Partai Perindo menargetkan lolos parlemen dengan meraup suara double digit merupakan harga mati bagi Partai Perindo di pemilu mendatang.

HT menegaskan Pemilu 2024 merupakan kesempatan Partai Perindo untuk lolos parlemen dan bahkan menjadi partai besar.

Artinya, mesin Partai Perindo –yang mengusung tagline Untuk Indonesia Sejahtera– dari pusat hingga daerah harus bergerak secara tepat.

HT menginstruksikan pengurus dan caleg untuk senantiasa peduli, turun tangan, terjun langsung membantu permasalahan masyarakat, terutama rakyat kecil.

“Saya yakin kalau itu betul-betul kita lakukan, kita disiplin, kita siapkan, Partai Perindo akan memperoleh kursi yang banyak,” katanya pada Konsolidasi Nasional dan Bimtek Pengurus dan Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dari Partai Perindo se-Indonesia belum lama ini. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan