Cara Nonton TV Tanpa Tambahan Set Top Box

JABAR EKSPRES — Perpindahan siaran TV analog ke digital ini sudah resmi dilakukan sejak tanggal 02 November 2022 yang lalu. Dimana pihak Kominfo mulai mematikan siaran TV analog tanpa bantuan Set Top Box secara bertahap di beberapa daerah mulai dari Jabodetabek.

Peralihan siaran TV analog ke TV digital ini sesungguhnya sudah tercantum dalam UUD terkait Migrasi TV Analog ke TV Digital. Program tersebut sesungguhnya sudah dilakukan dalam tiga tahapan, yakni yang pertama pada 30 April, lalu pada 25 Agustus, dan yang terakhir pada 2 November 2022.

Meskipun ada banyak reaksi dari masyarakat, nyatanya tak menyurutkan pihak-pihak berwenang atas masalah ini untuk tetap merealisasikan peralihan siaran TV analog ke digital sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Agar program ini dapat berjalan lancar, pemerintah pun mengimbau masyarakat luas untuk mendukung peralihan siaran TV analog ke digital dengan mulai menggunakan tambahan perangkat set top box (STB).

Masyarakat pun mulai bertanya-tanya, apakah ada opsi atau cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan set top box sama sekali? Apalagi jika ternyata mereka tak termasuk pada golongan yang menerima bantuan STB gratis dari Kominfo.

Lalu, memangnya bisa nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan set top box ini?

Untuk keluarga dengan ekonomi rendah yang masih memiliki TV analog, pemerintah sudah menyediakan bantuan STB gratis yang sudah disosialisasikan. Namun, bagaimana jika kamu tidak termasuk dalam masyarakat yang menerima bantuan STB gratis tersebut?

Ada tiga cara yang bisa kamu tempuh supaya kamu tetap dapat menikmati siaran TV digital, dengan perangkat tambahan STB atau tanpa STB sama sekali.

Pertamata  Cek Apakah TV Analog Di rumahmu Dapat Menerima Siaran Digital atau Akses situs siarandigital.kominfo.go.id ini.

Pilihlah menu perangkat TV digital, lalu kategori televisi, dan akan muncul daftar perangkat TV yang mendukung siaran digital di layar.

Beberapa perangkat yang mendukung peralihan siaran TV digital tanpa STB dapat kamu cek di daftar berikut:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan