Khusus Pelajar Bansos dari Pemerintah Rp450 Ribu Hingga Rp1 Juta, Begini Caranya!!

Jabarekspres.com – Artikel kali ini akan menjelaskan terkait cara mendapatkan Bansos dari Pemerintah Rp450 Ribu Hingga Rp1 Juta.

Namun, sebelum menjelaskan cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, penulis bakal mengulas sedikit terkait mengapa program bantuan sosial gencar dilakukan oleh pemerintah.

Sejak Pandemi Covid-19 pemerintah gencar memberikan bantuan sosial (bansos) dengan berbagai programnya.

Hal itu dilakukan karena covid-19 hampir melumpuhkan ekonomi masyarakat. semua sektor, baik sektor ekonomi itu sendiri, pendidikan, pariwisata dan tentunya sektor kesehatan semua terganggu.

Sejak pandemi berlangsung, banyak warga masyarakat yang mengalami penurunan ekonomi. Sebab, banyak pengusaha yang tidak bisa menjalankan usahanya. Semua produksi pun dihentikan.

Dampaknya karyawan dirumahkan. Bahkan ribuan sampai jutaan pekerja harus kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dampak ekonomi itu pun berimbas kepada sektor pendidikan, dimana banyak anak usia sekolah terpaksa berhenti sekolah paska pandemi tersebut.

Bahkan karena pandemi itu, kualitas pendidikan di Indonesia pun dinilai sangan menurun.

Atas pertimbangan-pertimbangan itu lah akhirnya banyak program bantuan sosial yang dikucurkan oleh pemerintah.

Lalu Apa Bansos yang Bisa Didapatkan Itu? 

Sebenarnya tidak ada sama sekali hubungannya dengan saldo dana gratis dari pemerintah. Sebab, sejauh ini pemerintah menggelontorkan au anggaran untuk Bansos.

Karena dinilai kualitas pendidikannya menurun serta banyak anak usia sekolah tidak bisa meneruskan pendidikan, akhirnya pemerintah pun mengeluarkan berbagai program agar anak Indonesia bisa tetap sekolah.

Salah satu program atau kebijakan yang dikeluarkan adalah pemberian bantuan anggaran untuk anak sekolah.

Melalui Kementerian Pendidikan, kebudayaaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pemerintah mengeluarkan program yang diberinama Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP bakal memberikan bantuan Rp450 ribu hingga Rp1 juta per orang atau per penerima manfaat. Khususnya bagi pelajar Rawan Melanjutkan Pendidikan (RPM).

Dengan adanya program ini pemerintah berharap semua anak Indonesia bisa melanjutkan sekolah.

Lalu bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan? Yuk simak di sini!!

Yang pertama, orang tua siswa datang ke sekolah dan memberi tahukan jika anaknya belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan